TERBARU:
Home / Berita / Andi Nurpati Usulkan Perda Khusus Bagi Warga Tanpa KTP
Andi Nurpati Usulkan Perda Khusus Bagi Warga Tanpa KTP

Andi Nurpati Usulkan Perda Khusus Bagi Warga Tanpa KTP

Jakarta, PEMILU.com – Calon legislatif DPR RI Andi Nurpati mengusulkan adanya aturan khusus bagi warga DKI Jakarta yang tidak memiliki Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) karena alasan khusus, seperti menempati hutan lindung atau area terlarang lainnya. Pasalnya sesuai aturan Undang-Undang (UU) pemilih dapat menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan kartu identitas baik paspor maupun E-KTP yang tertera Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Solusinya memang mereka punya KTP, tapi masalahnya mereka berada di tempat yang dianggap tidak legal. Ke depan Undang-Undang harus memberikan jaminan kepada yang statusnya begitu,” ujar mantan Komisioner KPU itu.

Ketika turun ke dapil Jakarta Utara, ¬†Andi pernah menemukan sampel sudah 4 sampai 5 tahun tinggal di Jakarta, namun tidak memiliki KTP DKI Jakarta. “Karena nggak punya rumah tidurnya di pasar. Ada juga pegawai yang tinggal di kantor, jadi nggak bisa di data penyelenggara. Tapi kalau dia punya KTP tempat asal, dia terdaftar,” katanya.

Untuk kasus di Jakarta Utara, kawasan Tanah Merah sendiri, Andi belum mengetahui apakah mereka sudah terdaftar atau belum. Namun, tidak terdaftarnya warga dalam daftar pemilih tetap (DPT) sangat merugikan.

“Apakah semacam butuh Perda khusus, berapa yang ada di Jakarta ini?, masih ada waktu kalau mau dilakukan, karena masih ada 6 bulan,” lanjut dia.

Andi menambahkan, solusinya adalah mereka pindah alamat, bisa tetap di Jakarta atau transmigran. Namun, kalau tetap di Jakarta tempatnya musti disiapkan dan diberlakukan secara khusu.
“Dua solusi, dikembalikan ke kampung atau dapat KTP di tempat baru,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>