TERBARU:
Home / Berita / Biaya Pembuatan TPS Rp500.000
Biaya Pembuatan TPS Rp500.000

Biaya Pembuatan TPS Rp500.000

Jakarta, PEMILU.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, anggaran untuk mendirikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebesar Rp500.000.

“Anggarannya sudah masuk pagu indikatif,”¬† kata Ferry, di Jakarta, Jumat (14/2).

Anggaran tersebut, kata Ferry turun dibanding alokasi anggaran pendirian TPS pada pemilu tahun 2009. Menurut dia, anggaran pembuatan TPS pemilu 2009 sebesar Rp750.000.

Kendati demikian, KPU akan memperjuangkan agar ada kenaikan.

“Masih kita ajukan anggarannya,” sambung Ferry.

Ferry menambahkan, KPU menyerahkan  sepenuhnya kepada petugas KPPS terkait TPS yang akan mereka bangun. Selain itu, KPU juga memberikan wewenang KPPS membuat TPS semenarik mungkin, sehingga publik tertatik untuk datang ke lokasi TPS.

“Itu inisiatif warga, biasanya pakai uang kas RT atau RW. Itu kreatifitas, bahkan ada yang sediakan karoke, ada busana daerah dan lain-lain,” ucapnya.

Dia menjelaskan pembuatan TPS diatur dalam Peraturan KPU nomor 26 tahun 2013 pasal 17, yang berbunyi KPPS menyiapkan lokasi dan pembuatan TPS harus sudah selesai paling lambat 1 hari sebelum pemungutan suara. Peraturan itu juga mengatur ukuran TPS, fasilitas bagi pemilih termasuk penyandang cacat dan hal-hal yang harus disiapkan seperti tenda, meja, alat penerangan dan lainnya

8 comments

  1. Ditempat saya sewa tenda dan perlengkapannya yang paling murah Rp.700.000,- dari Rp.500.000,- saja masih dipotong pajak Rp.20.000 sisa Rp.480.000,-
    Tidak mungkin kalau membuat tenda darurat karena harus menjaga kertas suara dan dokumen dari kemungkinan hujan dan ternyata sore sampai malam ditempat saya hujan.
    setor kotak suara ke PPS ngantri dan akhirnya baru bisa pulang menjelang subuh dengan sangat kelelahan habis bekerja sebagai ketua KPPS sehari semalam nonstop.
    Apakah pejabat terkait sudah memperhitungkan hal seperti ini.......?

  2. brapa dana yg disediakan pemerintah untuk pembuatan tps ( tempat pemungutan suara ) / tenda untuk tiap 1tps diwilayah dki jakarta ? brapa besar dana / honor yg disediakan pemerintah untuk tiap2 kpps beserta anggotanya ?

  3. Soni adi nugroho

    Tempat saya di sewa untuk TPS hanya 100 ribu ,,, ada oknum ini pak

    • Dear pak Sni Adi Nugroho,

      kalau tempat( Rumah ) saya di pakai TPS ,izinnya sama kakak saya ,sedangkan kakak saya sudah punya rumah sendiri,jadi saya dan ibu saya tidak tau mengenai hal ini.semau petugas TPS menggunakan fasilitas listrik,meja ,kursi tanpa seizin saya,jam 03.00 pagi baru selesai ibu saya di kasih uang Rp 100.000,-

      pantaskah perilaku petugas TPS sepeti itu...?

  4. Stefanus Budi

    Dimana akal sehat dan logika pembuat anggaran? Pemilu/Pilkada tahun lalu saja pembuatan tenda Rp. 750 ribu, mengapa sekarang hanya Rp. 500 rb? Honor KPPS sekarang seharusnya lebih besar, karena penghitungan suara lebih rumit dan makan waktu lebih lama. Pejabat kita memang aneh?

  5. aneh .....pileg ini membutuhkan waktu yg lebih lama penghitungan suaranya dibandingkan pilkada ataupun pilpres tapi tenaga kpps dihargai sangat murah, biaya tps pun lebih murah dibandingkan 2009 kemana akal dan fikiran yg membuat anggaran. kalo untuk rakyat di tekan habis tapi kalo untuk jalan2 pejabat melambung tinggi, tolong bagi yg membuat anggaran punya perasaan kpps ujung tombak bozzz...

  6. stanislaus Bribe

    malam pak. kami rasa kecewa dengan biaya pembuatan TPS yang hanya 500 ribu aja pak. sementara PILEG kerjanya dari jam 06.30 - 21.00 dibanding PILKADA atau PILGUB yang hanya memakan waktu 8 jam. gimana kami bisa buat TPS kalau dananya cuman 500 ribu pak. kami dirikan tenda dengan biaya 500 ribu tidak pas. mau tak mau kami sebagai KPPS akan membuat Tenda ala kadarnya dan hasil PILEG tentu tidak akan maksimal

    • Dimana Akal sehat penyusun anggaran penyusun anggaran Tahun ini, Biaya pembuatan TPS hanya dianggarkan Rp,500.000,- cukup untuk apa. Ferry tuh asal ngomong aja " KPU menyerahkan sepenuhnya kepada petugas KPPS terkait TPS yang akan mereka bangun. Selain itu, KPU juga memberikan wewenang KPPS membuat TPS SEMENARIK MUNGKIN, sehingga publik tertarik untuk datang ke lokasi TPS", sudah tidak waras barangkali. Dengan biaya sekecil itu, jangankan membangun tenda yang menarik, tenda darurat saja sudah tidak cukup. Hitung saja berapa harga terpal, rangka, sewa meja kursi, lampu penerangan dan pagar pembatas.
      Belum lagi biaya makan yang cuma Rp.35.000,- ( satu porsi sederhana), apa dikira petugas KPPS pekerja paksa. Padahal kerja KPPS sangat menguras tenaga/pikiran dan pasti sampai malam itu berati ada minimal dua kali makan. Idealnya dianggarkan untuk 3x makan + sanck dan minum.
      Jangan disalahkan kalau nanti akan ada banyak KPPS yang mengundurkan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>