Home / Berita / KPU Bantah Usulkan Dana Saksi Parpol
Ferry Kurnia Rizkiyansyah

KPU Bantah Usulkan Dana Saksi Parpol

Jakarta, PEMILU.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) membantah telah mengusulkan penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk membiayai dana saksi partai politik sebesar Rp700 miliar.

“Dari dulu kita nggak mengusulkan, nggak mengajukan. Konsen kita, ada saksi dari semua parpol,” kata Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah, di kantor KPU Jakarta.

Menurut Ferry, pengawasan merupakan kewenangan dan tanggung jawab sepenuhnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). “Sebagai bentuk perhatian, kita sangat pahami ini sebagai warning bagi kita,” lanjutnya.

Sebelumnya, Bawaslu juga telah membantah tidak pernah mengusulkan dana saksi parpol tersebut. Bawaslu menyebut, usulan tersebut didasarkan atas keluhan dari partai politik.

Ketua Bawaslu Muhammad menjelaskan, usulan tersebut muncul dalam rapat koordinasi antara pemerintah bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu, yang digelar 3 minggu lalu di Kementrian Koordinator Politik dan Keamanan (Kemenkopolhukam). Dalam rapat tersebut, lanjut Muhammad, Menkopolhukam Djoko Suyanto mengutarakan, bahwa ada keluhan dari partai politik yang menginginkan ada saksi di TPS (tempat pemungutan suara).

“Saya sudah jelaskan dalam kesempatan sebelumnya, ide itu dari partai politik yang diteruskan ke pemerintah. Bawaslu bermimpi saja tidak. Waktu itu Menkopolhukam mengatakan ada usulan dari partai politik agar ada dana saksi itu, ada keluhan peserta pemilu pentingnya menghadirkan saksi di setiap TPS,” ungkapnya.

Menurut Muhammad, setelah mendengar aspirasi tersebut akhirnya pemerintah menyetujui anggaran dana saksi parpol dibiayai oleh negara. “Akhirnya pemerintah koordinasi dengan Kemenkopolhukam, dan ternyata setelah di cek, di Kementrian Keuangan (Kemenkeu) Pemerintah menyetujui. Melihat ada sisa dana cadangan pemilu,” tutup Muhammad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>