Home / Berita / Pelaksanaan Pemilu di Luar Negeri Lebih Dulu
Pemilu di Luar Negeri

Pelaksanaan Pemilu di Luar Negeri Lebih Dulu

Jakarta, PEMILU.com – Pelaksanaan pemilu di luar negeri dipastikan lebih cepat dari jadwal pemilu dalam negeri. Sebab, usulan tersebut sudah mempunyai pijakan hukum.

“Disepakati KPU dapat berpedoman pada UU. 8/2012 dan UU 15/2011,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik.

Sesuai dalam Undang-Undang (UU) No. 42 tahun 2008 pelaksanaan pilpres baik di dalam maupun di luar negeri dilaksanakan pada hari libur atau diliburkan. Pelaksanaan pilpres sendiri dijadwalkan pada hari Rabu, tanggal 9 Juli 2014.

Dalam konteks dalam negeri pemerintah bisa meliburkan hari tersebut. Sementara dalam kondisi luar negeri, para pemilih masih bekerja pada hari tersebut. “Sementara di luar negeri pada hari Rabu, 9 Juli tidak dapat diliburkan,” pungkasnya.

Sebelumnya, KPU mengusulkan agar perhelatan pemilu di luar negeri dilaksanakan lebih awal, yakni tanggal 4-6 Juli 2014. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

4 comments

  1. ...Pemilu adalah pesta rakyat, tp setelah berpesta rakyat pada mabuk dan teler semua nah keadaan demikian kesempatan para pejabat untuk mengingkari janji2nya, membodohi rakyat bahkan bawa kabur uang rakyat...

  2. sebaiknya sih berbarengan untuk menghindari dipolitisirrrr

  3. Sebaiknya berbarengan, karena mungkin saja dipolitisir seperti biasanyaaa... mental malinggg gitu lhooooooooooooooooooooooo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>