Home / Berita / Pemilu di Luar Negeri Dilaksanakan Pada 30 Maret hingga 9 April 2014
Husni Kamil Manik Pemilu di luar negeri

Pemilu di Luar Negeri Dilaksanakan Pada 30 Maret hingga 9 April 2014

Jakarta, PEMILU.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengatakan, pelaksanaan pemilu di Luar Negeri (LN) digelar lebih dahulu daripada pemilu di dalam negeri. Pelaksanaan Pemilu di luar negeri rencananya akan dihelat pada tanggal 30 Maret sampai 6 April 2014.

“Untuk Pemilu di Hongkong akan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2014,” katanya kepada wartawan dalam acara simbolisasi launching keberangkatan surat suara Pemilu 2014 untuk pengiriman ke luar negeri atau ke Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) bertempat di. PT. Gelora Aksara Pratama (Erlangga) Jl. H. Baping Raya No.100 Ciracas Jakarta Timur, Rabu (12/2).

Pelaksanaan pileg di Hongkong pada tanggal 30 Maret itu merupakan usulan PPLN. Sebab, pada tanggal tersebut cuaca diprediksi akan cerah. Sehingga, warga negara Indonesia (WNI) di Hongkong dapat menyalurkan hak pilihnya.

“Sedangkan pada tanggal 6 April 2014 wilayah Hongkong diprediksi akan datang badai taifun. Jadi pada hari tersebut pemerintah Hongkong akan melarang warga negaranya keluar rumah,” jelas Husni.

Seperti diketahui, berdasarkan UU No.8 Tahun 2012 tentang pemilu, pelaksanaan pileg di luar negeri dilaksanakan lebih awal dari jadwal pemungutan suara di dalam negeri. Pelaksanaan Pileg di LN dalam rentang waktu yang panjang tersebut sengaja diciptakan, sebab hari libur di berbagai negara berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>