Home / Berita / Potensi Konflik Pemilu 2014 Cukup Besar
Konflik Pemilu 2014

Potensi Konflik Pemilu 2014 Cukup Besar

Jakarta, PEMILU.com – Indonesia Police Watch (IPW) memprediksi potensi konflik dalam Pemilu 2014 cukup besar. Sebab, kontestasi Pemilu 2014 persaingan antar partai politik peserta pemilu cukup sengit.

“Potensi terjadinya konflik dalam Pemilu 2014 cukup besar. Karena itu semua pihak, khususnya Polri harus memperhatikan betul hal tersebut,” kata Presidium IPW Neta S. Pane.

Neta menjelaskan, potensi konflik sosial dari tahun ke tahun kian meningkat. Sepanjang 2013 saja, berdasarkan catatan IPW setidaknya telah terjadi 153 konflik sosial di Indonesia, baik berupa tawuran, bentrokan massa maupun kerusuhan sosial.

Akibat konflik sosial tersebut, sedikitnya 203 orang tewas, 361 luka, 483 rumah dirusak dan 173 bangunan lainnya dibakar. “Jika potensi ini tidak dicermati dikhawatirkan pemilu dan pilres 2014 akan diwarnai berbagai konflik sosial,” lanjutnya.

Neta menyarankan, Polri memperkuat dan memaksimalkan peran divisi intelejan dan babinsa di berbagai daerah untuk mengantisipasi potensi terjadinya kerusuhan dalam perhelatan Pemilu 2014. “Deteksi dini tersebut harus dimulai dari tingkat polsek, lalu diperkuat polres dan diback up polda,” kata dia.

Neta menambahkan, simulasi pengamanan pemilu yang digelar Polri besok (7/2), sebagai tindakan preventif sudah tepat. Namun, dia menyarankan agar dilakukan pada hari libur. “Tapi bukan berarti simulasinya harus dilakukan di hari kerja dan di pusat kota. Apalagi konflik-konflik tersebut biasanya terjadi di pinggiran kota,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>