TERBARU:
Home / Berita / Menjelang Kampanye, Banyak Masyarakat Beri Laporan Pelanggaran
Menjelang Kampanye, Banyak Masyarakat Beri Laporan Pelanggaran

Menjelang Kampanye, Banyak Masyarakat Beri Laporan Pelanggaran

Jakarta, Pemilu.com РMenjelang kampanye terbuka yang akan dilangsungkan pada 16 Maret 2014 mendatang, terdapat laporan pelanggaran pemilu dari masyarakat ke MataMassa semakin meningkat.

Asisstan project manager ICT Laboratory for Social Change, Romsi Labora Siahaan mengatakan, tengah mengupayakan sistem teknologi informasi dengan Bawaslu guna menverifikasi hasil laporan supaya bisa langsung ditindaklanjuti oleh Bawaslu.

“Targetnya proses penyambungan sistem tersebut selesai Minggu ini,” kata Romsi di gedung KPU, Jakarta, Senin (10/3).

Berdasarkan laporan yang dikumpulkan MataMassa, selama 7 Februari sampai dengan 8 Maret tahun ini, ada 772 kasus pelanggaran yang di terima dari laporan masyarakat. Dari total tersebut, ada sebanyak 688 laporan dugaan pelanggaran administrasi dan dugaan 34 laporan dugaan tindak pidana pemilu.

“Ini lebih banyak dari periode satu bulan sebelumnya yang hanya 6 laporan dugaan pelanggaran pidana”, cetusnya.

Banyaknya pelanggaran administrasi berupa penempatan alat peraga yang tidak sesuai dengan aturan yang ada, seperti pemasangan poster dan spanduk yang tempel melintang di tiang-tiang listrik atau telepon.

“Ditambah dengan periode satu bulan sebelumnya, jumlah laporan masyarakat yang masuk ke MataMassa telah melebihi seribu laporan yang terverifikasi”, imbuhnya.

Sedangkan, sambung dia, laporan dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu sebagian besar berupa pemasangan iklan di media cetak maupun elektronik yang dikategorikan melanggar Peraturan KPU. “Untuk sanksi pidana penjara itu satu tahun dan denda Rp 12 juta” tandasnya.

Dari semua laporan yang masuk, hingga saat ini partai yang paling banyak dilaporkan oleh masyarakat ke MataMassa adalah Partai Demokrat (dilaporkan sebanyak 149 kali/laporan), PDI Perjuangan (127 laporan), dan Partai Hanura (126 laporan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>