Home / Berita / Perjanjian Batu Tulis Berlaku Kalau Mega-Prabowo Menang di Pemilu 2009
Perjanjian Batu Tulis Berlaku Kalau Mega-Prabowo Menang di Pemilu 2009

Perjanjian Batu Tulis Berlaku Kalau Mega-Prabowo Menang di Pemilu 2009

Jakarta, Pemilu.com – Naskah Perjanjian Batu Tulis antara Megawati dan Prabowo di tahun 2009 kini beredar setelah Joko Widodo resmi dideklarasikan sebagai capres dari PDIP. Politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno menuturkan bahwa perjanjian itu hanya berlaku bila Mega sebagai capres dan Prabowo sebagai cawapres menang di Pilpres 2009.

“Perjanjian itu kondisional, bukan inkondisional. Kondisionalnya bahwa 2009 itu koalisi PDIP dan Gerindra memenangkan Pilpres. Spirit perjanjiannya seperti itu. Semangatnya apabila koalisi PDIP-Gerindra menang di Pilpres 2009 maka akan berlanjut dengan dukungan ke Prabowo di 2014,” kata Hendrawan saat berbincang dengan Wartawan, Sabtu (15/3).

Faktanya, Pilpres 2009 dimenangkan oleh pasangan SBY-Boediono sehingga Perjanjian Batu Tulis itu tak lagi berlaku. Oleh sebab itu, Mega tak harus kembali mendukung Prabowo di 2014

“Kata ‘perjanjian’ menspiritkan ada suatu kondisi. Itu penafsiran legalnya, secara hukum. Dari segi politiknya, Mega tidak menghalang-halangi Prabowo sebagai capres,” katanya.

Hendrawan mengungkapkan bahwa Mega selalu mendorong kader terbaik semua partai politik untuk maju. Hal tersebut dibuktikan dengan dukungan Mega pada Jokowi untuk menjadi capres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>