TERBARU:
Home / Berita / Aceh, Jakarta dan Papua Dinobatkan Daerah Paling Rawan
Aceh, Jakarta dan Papua Dinobatkan Daerah Paling Rawan

Aceh, Jakarta dan Papua Dinobatkan Daerah Paling Rawan

Jakarta, PEMILU.com – Menteri Koordinator Politik dan Keamanan, Wiranto mengatakan, tiga daerah paling rawan mengalami gangguan saat pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 adalah Aceh, Jakarta dan Papua. Kerawanan tersebut berkaitan dengan adanya potensi gesekan antar peserta pilkada dan juga pendukungnya.

Selain itu, ada juga potensi kerawanan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan calon. “Itu hasil indentifikasi beberapa bulan lalu,” katanya di Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Wiranto mengatakan, saat ini pemerintah telah berupaya untuk mengatasi kerawanan tersebut. Salah satunya, memberi peringatan kepada calon peserta pemilijan kepala daerah yang sudah melampaui batas.

Selain itu, dari sisi internal, pemerintah juga terus berkoordinasi untuk meningkatkan keamanan menjelang pelaksanaan, saat pelaksanaan dan sesudah pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak. “Selain itu, upaya persuasi dan perbaikan regulasi juga dilakukan,” katanya.

Seperti diketahui, Pilkada 2017 diikuti 101 daerah. Rincianya adalah, tujuh provinsi, 18 kota dan 76 kabupaten. Adapun pelaksanaan pemungutan suara akan dilakukan 15 Februari 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*