TERBARU:
Home / Berita / 14.3 Triliun Habis Untuk Pilkada 2018
Filipina Akan Tiru Sistem Pemilu Indonesia

14.3 Triliun Habis Untuk Pilkada 2018

Jakarta, Pemilu – KPU mengatakan bahwa mereka telah memiliki anggaran untuk Pilkada serentak yang akan dilakukan pada tahun 2018 ini, dan diperkirakan anggaran tersebut mencapai sebesar 14.3 Triliun rupiah.

Hal tersebut didapatkan setelah KPU melakukan rekapitulasi di setiap daerah dimana Pilkada tersebut akan digelar di 171 daerah.

“Semua laporan sudah masuk, kecuali dari Tegal,” kata ketua KPU, Arief Budiman di kantor KPU.

Ketika ada rapat dengan pendapat dengan Komisi II DPR, KPU sempat mengatakan bahwa Pilkada 2018 ini akan menghabiskan 11.3 Triliun, tetapi Arief mengatakan bahwa pada saat itu ada beberapa laporan yang belum masuk ke mereka.

“Saat itu ada 15 daerah yang belum masuk laporannya kepada kami, ada daerah besar seperti Papua dan Jawa Timur, maka angka itu menjadi membesar,” lanjut Arief.

Meski begitu, Arief mengatakan bahwa semua hal itu belum tentu disetujui oleh pemda, karena sejauh yang pernah dijalankan, anggaran dari KPU akan selalu mengalami pemangkasan.

“Biasa-nya yang akan disetuju dari total nominal tersebut adalah esbesar 70% dan realisasinya hanya sebesar 60%,” tambah Arief.

Pilkada 2018 ini akan dijalani di 171 daerah, 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten, dan KPU sendiri akan launching pilkada ini pada 14 Juni 2017 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*