Home / Berita / Pemerintah Minta 5 Kursi Tambahan untuk Kaltara, Kepri dan Riau di DPR
Pemerintah Minta 5 Kursi Tambahan untuk Kaltara, Kepri dan Riau di DPR

Pemerintah Minta 5 Kursi Tambahan untuk Kaltara, Kepri dan Riau di DPR

Jakarta, Pemilu –DPR maupun juga pemerintah menyetujui untuk menambah sebanyak 15 kursi untuk anggota DPR nantinya. Untuk alokasinya, Tjahjo Kumolo yang merupakan Menteri Dalam Negeri mengatakan akan menyerahkan seluruhnya kepada Pansus.

“Di Pansus ada fraksi yang minta di luar Jawa karena untuk darah jawa sudah 300 lebih. Tetapi ada juga yang minta mengembalikan kursi yang sudah diambil, misalnya Jabar,” ujarnya di gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, pada Kamis (01/06/2017).

Akan tetapi pemerintah hanya akan meminta 5 kursi saja dari 15 kursi. Diantaranya yaitu, tiga kursi untuk Kalimantan Utara, serta masing-masung satu kursi untuk Kepulauan Riau dan Riau.

“Dan untuk 10 kursi lainnya akan diserahkan kepada pihak Pansus. Silahkan berunding, asal jangan dengan sikap egoisme untuk kepentingan partainya, tapi melihat secara geografis jumlah penduduk.” Tutur Tjahjo.

Menurut Tjahjo, Pemerintah tidak akan memberikan rekomendasi terkait 10 kursi lainnya. Sepenuhnya, akan diserahkan kepada Pansus, selain 5 kursi yang diminta oleh pemerintah untuk Kaltar, Kepri dan Riau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*