7 Hari Sebelum Kampanye, Parpol Harus Lapor Ke Polisi

0
26

Jakarta, PEMILU.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay mengatakan, rapat umum terbuka atau kampanye terbuka baru akan dimulai pada tanggal 4 sampai 5 Juli. Dari pukul 09:00-18:00.

“Kami juga tidak akan mengatur penjadwalan atau pembatasan. Karena kita punya 2 pasang calon, silakan mereka berkampanye dimana sepanjang mematuhi aturan,” jelas Hadar di kantor KPU, Jakarta, Senin (26/5).

Meski tak ada zonasi, kata Hadar, 7 (tujuh) hari sebelum mereka melaksanakan rapat umum terbuka, harus melaporkan kepada pihak kepolisian, terkait siapa saja yang akan menjadi juru kampanye dan lain-lain.

Aturan lain, kedua pasangan capres dan cawapres serta partai pendukung tidak boleh menghina, mempermasalahkan SARA. Selain itu tidak diperkenankan menggelar konvoi dan tidak memasang alat peraga di pohon.

“Kami berharap sebetulnya tidak dilakukan (curi start), karena kita tahu masa kampanyenya nanti. Tapi kemudian ada yang berpandangan seperti itu silakan saja dilaporka kepada Bawaslu,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here