Capres Diminta Sebutkan Calon Kabinet

3
40

Jakarta, PEMILU.com – Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengatakan, sudah saatnya calon presiden mengumumkan calon menteri yang akan duduk dalam kabinetnya nanti jika terpilih. Sebab, menteri adalah jabatan publik dan sudah seharusnya menjadi konsumsi publik.

“Kalau kontra kita bisa katakan sebelum dilantik,” ujar Siti di gedung MPR RI, Jakarta.

Mengumumkan susunan kabinet saat ini juga dipercaya dapat meningkatkan dukungan terhadap capres. Sehingga, capres tidak hanya menawarkan cek kosong.

Dengan mengumumkan calon kabinetnya juga sebagai salah satu cara untuk menakar calon pemimpin sejauhmana keseriusanya. “Bukan argumentasi, tapi bukti kongkrit yang diimplementasikan dengan rekruitmen calon menteri,” pungkasnya.

3 COMMENTS

  1. kalau jokowi mengumumkan calaon anggota kabinetnya, dijamin pendukungnya makin tambah banyak yang kabur. Makanya dia bertahan mati-matian untuk gak membuka cal-kab-nya.

    Bahkan cal-kab2 yang disebarkan pendukungnya sendiri (untuk “check-sound”) segera dibantah rame2. Jelas sekali, karena yang cuma bisa dijual cuma jokowi, jk & anies baswedan.

    Demi menjalankan strategi itulah mereka bercuap2: “koalisi tanpa syarat”, “ikhlas” dllsb. Padahal dibalik semua itu adalah untuk menghindari kekalahan dikarenakan orang2 disekelilingnya hampir semua “cacat parah”…

  2. Ya itu masalah strategi sajalah… kalau dirasa bagus untuk pemenangan ya diumumkan sj.. lagian masalah kabinet itu kompleks tidak bisa dipungkiri pertimbangan politik jg ikut menjadi penentu keberhasilan kabinet. Usul seperti ini haya mengutamakan bagus sekilas dimata masyarakat tanpa didasari pertimbangan mendalam.

    • YANG TAKUT KALAH DENGAN DIUMUMKAN CALON MENTRINYA, PASTI AKAN MATI2AN MEMPERTAHANKAN SUPAYA CAPRES TIDAK PERLU MENGUMUMKAN CALON ANGGOTA KABINETNYA.

      PAKE ALASAN TANPA SYARATLAH, IKHLAS-LAH. PADAHAL INTINYA SANGAT TAKUT KALAH KALAU ANGGOTA KABINETNYA DIKETAHUI RAKYAT SEBELUM PILPRES. KARENA PASTI, PASTI & PASTI RAKYAT AKAN KABUR KETIKA MENGETAHUI ANGGOTA KABINET SI PETRUK

      GAK PERCAYA? TUNGGU SAJA SAMPAI TANGGAL 9 JULI, GAK BAKAL KABINET PETRUK DIUMUMKAN… ;-P

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here