Dana Saksi Parpol Dan PPL Rawan Diselewengkan

0
28

Jakarta, PEMILU.com – Pemerhati pemilu Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti pertanyakan sikap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait dana  saksi partai politik dan mitra pengawas pemilu lapangan (PPL) yang tidak dimasukan dalam peta kerawanan pemilu.

“Gimana cara penyalurannya dilapangan, siapa yang mau awasi penggunaannya. Nah Pertanyaannya, mengapa kategori ini tak dimasukkan sebagai peta kerawanan oleh Bawaslu,” kata Ray, di Jakarta, Senin (27/1).

Padahal, lanjut Ray, potensi terjadinya penyelewengan dalam penggunaan dana saksi sangat besar. Sebab, dana tersebut akan dikelola sendiri oleh Bawaslu.

“Emang duit negara sebesar Rp1,5 triliun yang mau dikucurkan enggak rawan untuk diselewengkan,” kata Ray.

Sebelumnya, Bawaslu pada Minggu (26/1) kemarin memberikan penjelasan terkait potensi kerawanan tahapan pemilu anggota DPR RI, DPD, DRPD I, DPRD II Tahun 2014. Dalam kesempatan tersebut Bawaslu mengaku telah mengkaji potensi kerawanan pemilu di 510 kabupaten/kota.

Bawaslu memetakan kerawanan dalam pemilu dibagi atas 4 tahapan yakni, saat pendaftaran dan pemutakhiran daftar pemilih, Distribusi Logistik. Masa Kampanye, dan Pemungutan hingga penghitungan suara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here