Home / Berita / Partai Demokrat / Pengamat: Aturan Konvensi Capres Untungkan Partai Demokrat
Konvensi Capres Partai Demokrat

Pengamat: Aturan Konvensi Capres Untungkan Partai Demokrat

Jakarta, PEMILU.com – Pakar komunikasi politik Univ. Mercu Buana, Heri Budianto mengatakan bahwa 7 butir aturan konvensi capres cawapres menjawab kerisauan publik tentang ketidakjelasan konvensi yang akan dilaksanakan partai Demokrat jelang Pemilu 2014.

“Saya kira kerisauan publik sudah dijawab oleh SBY,” ujar dia saat dihubungi, Jakarta, Selasa (9/7).

Menurut Heri, tahapan konvensi sudah menunjukkan progres yang baik. Namun ada hal yang perlu dicermati, yakni mengenai komite konvensi yang terdiri dari tokoh internal Demokrat dan tokoh-tokoh independent yang bertanggungjawab kepada Majelis Tinggi partai.

“Saya kira poin ini bisa menjadi celah masih dominannya peran SBY selaku Ketua Majelis Tinggi,” ungkap Heri.

Selain itu, pemenang konvensi akan ditentukan berdasarkan hasil survey. Namun, menurut Heri surney yang dimaksud perlu diperjelas. Jika survey dilakukan oleh kalangan internal Demokrat, bukan tidak mungkin nanti terjadi lobi-lobi politik antar calon dengan DPD dan DPC Partai Demokrat di seluruh daerah.

“Saya melihat, Demokrat masih harus mendesain substansi teknis yang lebih detail terkait ini,” imbuh dia.

Terlepas dari tahapan konvensi yang akan dilaksanakan, menurut dia SBY adalah tokoh yang paling menentukan siapa yang akan di dorong dan diunggulkan dalam konvensi.

“Saya kira ketokohan dan dominasi SBY di partai bintang mercy ini sangat kuat. Sehingga keputusan-keputusan partai akan sangat bergantung pada SBY,” tutup dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>