DKPP Rehabilitasi Alm. Husni Kamil Manik

0
17

Jakarta, PEMILU.com – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) merehabilitasi Ketua Komisi Pemilihan Umum (Alm) Husni Kamil Manik. Husni diadukan ke DKPP oleh Alamsyah Hanafiah dkk, kuasa dari Agus calon Anggota DPR RI Tahun 2014-2019 Makmur Santoso.

Makmur mengadukan Husni lantaran dinilai tidak menindaklanjuti surat Ketua DPR RI No. PW/1641/DPR-RI/XI/2015 perihal pergantian Antarwaktu Anggota DPR RI dari Partai Golkar atas nama Agus Gumiwang Kartasasmita. Padahal surat tersebut telah dikirimkan kepada KPU 3 November 2015, namun sampai April 2016 tidak ada tindak lanjut.

Hakim DKPP Nur Hidayat Sardini yang membacakan putusan atas kasus ini menjelaskan, Husni telah melakukan sesuai dengan prosedur dan dapat dibenarkan secara hukum serta etika. “Teradu (Husni) juga terbukti telah menindaklanjuti dan menanggapi surat dari Pengadu maupun kuasa hukum Pengadu mengenai permintaan kejelasan proses Pergantian Antarwaktu Angggota DPR RI atas nama Agus Gumiwang Kartasasmita dengan menerima audiensi dari pihak Pengadu pada tanggal 22 April 2016 di Kantor KPU RI sebagaimana bersesuaian dengan keterangan Hadar Nafis Gumay sebagai pihak terkait,” jelasnya.

NHS, sapaan akrab Nur Hidayat Sardini,  menambahkan, DKPP berpendapat, Husni telah meninggal dunia (wafat) sebelum pembacaan Putusan. Karena itu, perkara ini dibatalkan dan dibuatkan sebuah ketetapan.

“Akan tetapi demi mewujudkan kepastian hukum dan etika bahwa Teradu tidak terbukti melanggar kode etik Penyelenggara Pemilu dan Teradu terbukti telah bekerja secara profesional, akuntabel  dan mengedepankan prinsip kehati-hatian demi keadilan dalam melakukan proses PAW Agus Gumiwang Kartasasmita, maka dengan demikian tetap dibuat sebuah Putusan DKPP,” jelas NHS saat membacakan Putusan terhadap Husni.

Pada saat bersamaan, DKPP juga merehabilitasi 20 penyelenggara Pemilu lainnya. Mereka adalah Sigit Pamungkas, anggota KPU RI, Mohammad Syarif Uda’a, Yusuf Tommy, Amirudin Lakuba, Ahsan Abas, dan Syarif Ambu selaku masing-masing selaku Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Banggai Laut, Adil B. Suling, ketua KPU Kabupaten Buol.

Teradu lainnya, Klemes Obet Sineri, ketua KPU Kabupaten Mamberamo Raya, Pdt. Dorkas Mansawan, Marthen Murafer, Yesaya Dude, Thonci Bilasi masing-masing selaku anggota KPU Kabupaten Mamberamo Raya, Cornelia H Mamaribo, ketua Panwaslu Kabupaten Mamberamo Raya, Andre W Fonataba, dan Semuel Dasinapa masing-masing selaku Anggota Panwaslu Kabupaten Mamberamo Raya. Selain itu, Alfian Zenius Dakhi, ketua KPU Kabupaten Nias Selatan, Sumangeli Mendrofa, Sumurni Halawa, Edward Duha, dan Ekarius Rane Zalogo masing-masing selaku anggota KPU Kabupaten Nias Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here