DPR: Kerjasama Indonesia-Korsel Akan Ditingkatkan

0
12
Tersangka Korupsi Dilarang Nyalon di Pilkada

Jakarta, Pemilu – Wakil Ketua DPR RI, Utut Adianto mengatakan bahwa hubungan kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan yang sudah terjalin sejak 1973 diharapkan dapat ditingkatkan kembali, terutama di bidang perdagangan.

“Nilai perdagangan antara Indonesia dan Korsel sangat tinggi. Saya sendiri mencatat di tahun 2017-2018 bisa mencapai 16 miliar dollar Amerika Serikat. Saya berharap ini dapat ditingkatkan lagi,” kata Utut.

Dalam pertemuan tersebut, politisi PDIP itu juga mengatakan turis Korsel yang datang ke Indonesia juga cukup banyak, dan kebudayaan Korsel juga digemari oleh orang Indonesia, dari makanan, drama korea, hingga K-Pop.

“Perkembangan budaya Korea di sini sangat masif, baik dari makanan, drama korea, hingga K-Pop. Untuk itu saya harap tidak hanya budaya Korea yang masuk ke Indonesia, tetapi budaya Indonesia bisa masuk ke Korea. Kita juga telah memberikan bebas visa kepada Korsel, dan kami harap mereka melakukan hal yang sama kepada kita,” kata dirinya.

Dirinya menambahkan adanya kerja sama di bidang olahraga, dimana Korsel sangat terkenal dengan atlet gulat-nya, karena itu dirinya berharap ada trainer yang datang ke Indonesia untuk mengajar.

“Di bidang olahraga kita mengharapkan bantuan untuk bidang bela diri, misalnya Gulat,” kata Utut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here