DPR Targetkan Februari RUU Pilkada Rampung

2
27

Jakarta, PEMILU.com – Wakil Ketua Komisi II Hakam Naja mengatakan, DPR menargetkan Februari mendatang pembahasan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada) bakal rampung.

“Kita targetkan masa sidang masa sidang ini. Target optimis Februari,” ujar Hakam kepada Pemilu.com, di DPR RI, Jakarta.

Menurut Hakam, hingga saat ini dari tujuh poin isu utama pembahan RUU Pilkada baru disepakati terkait pemilihan kepala daerah serentak pada tahun 2020, menyangkut gubernur, bupati dan walikota. Mayoritas fraksi juga sepakat pelkada dilaksanakan secara langsung.

“Terus isu lain belum disepakati, sengketa belum, yang politik dinasti belum, paket atau tidak paket belum, pendanaan belum,” tutur Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Lebih jauh Hakam menjelaskan terkait penyelesaian sengketa Pilkada, PAN sebenarnya mengusulkan agar diselesaikan oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, dengan pertimbangan hasil diskusi dengan hakim MK bahwa lembaga yang dipimpin Hamdan Zoelfa itu enggan menjadi pengambil keputusan kalau terjadi sengketa Pilkada. Maka, PAN setuju apabila sengketa PIlkada diselesaikan oleh Mahkamah Agung (MA).

“MK menghendaki tidak di MK, diserahkan ke MA. PAN dengan alasan tadi, padahal MK mengurusi teknis strategis, soal knstitusi ini kan teknis jadi menjebak MK ke probelm pragmatis. MK sendiri menghendaki tidak di MK,” pungkasnya.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here