Dukungan Partai Demokrat Ke Jokowi Bisa Meluas

0
53

Jakarta, Pemilu – Sikap Partai Demokrat yang memberikan keringanan bagi kadernya di Papua yang mendukung Jokowi pada Pilpres 2019 menunjukkan bahwa SBY saat ini sedang mengalami dilema.

Pengamat IPI, Jerry Massie mengatakan bahwa dispensasi yang diberikan kepada kader-nya yang mendukung Jokowi adalah sikap ksatria, tetapi di sisi lain akan berefek negatif dimana Demokrat terlihat diak bisa menjaga maupun merangkul kadernya.

“Secara etika politik bukan dispensasi sebetulnya, karena Gubernur Lukas Enembe telah memberikan sinyal dirinya akan hengkang atau pindah,” kata Jerry.

Jerry sendiri menilai kebijakan Partai Demokrat untuk kader di Papua tersebut akan menjadi hal negatif bagi partai dimana dirinya memprediksi bahwa kader Demokrat di daerah lain akan mendukung Jokowi di Pilpres 2019 jika tidak ada sanksi tegas dari Partai.

Hal itu menunjukkan bahwa hal tersebut bisa ditunjukkan dari sejumlah kader Partai Demokrat seperti TGB Muhammad Zainul Majdi di NTB, Soekarwo di Jatim, dan Deddy Mizwar di Jabar.

“Langkah beberapa kader di daerah ini bisa mengurangi daya gedor Demokrat di Pileg mendatang, dan tentu saja Partai Demokrat bakal tergerus suaranya pada pileg dan juga pilpres,” kata Jerry mengenai dukungan kepada Jokowi dari Partai Demokrat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here