Gerindra Siapkan Gugatan Untuk Pilgub Jabar

0
21

Jakarta, Pemilu – KPU di berbagai daerah telah menyelesaikan rekapitulasi suara Pilkada Serentak 2018. Di Pilgub Jabar, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum menang.

Mengetahui hasil akhir dari KPU itu, Partai Gerindra masih belum mau mengakui kekalahan. Partai berlogo kepala burung Garuda itu sedang menyiapkan data-data untuk mengajukan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi.

“Saya menyarankan untuk mengajukan PHPU ke MK, karena saya pribadi dari Bandung memberikan data-data persoalan hukum terkait Pilgub Jabar, tapi kan saya baru mengumpulkan, kalau diterima kita siap. Khusus untuk Jabar,” ujar Ketua Bidang Advokasi dan Hukum DPP Partai Gerindra Habiburokhman, Minggu (8/7/2018) malam.

Upaya mengajukan keberatan ke MK karena Pilgub Jabar dinilai banyak kejanggalan. Gerindra, kata Habiburokhman juga ingin membongkar data sejumlah lembaga survei.

“Jadikan banyak yang menjadi persoalan di Jawa Barat itu, kita juga kan mau membongkar survei itu, apakah benar tudingan survei itu bagian pengkondisian, bahwa seolah-olah Ajat-Syaikhu terlalu jauh, padahal faktanya jauh dari kenyataan,sehingga kalau kalah sebagai kewajaran, harusnya nomor tiga. Itu yang ingin kita bongkar juga,” paparnya.

Gerindra juga mencium adanya kejahatan pemilu di Pilgub Jabar yang melibatkan lembaga survei. Namun, hal itu perlu dibuktikan dengan data-data yang saat ini sedang dikumpulkan.

“Bahwa bukan tidak mungkin ada kejahatan pemilu yang melibatkan lembaga survei. Kita tak menuduh, tapi kita mau cari faktanya nanti,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here