Hatta Terpilih, Janji 30 Persen Menteri Perempuan di Kabinetnya

0
34

Jakarta, Pemilu.com – Pasangan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prabowo, Hatta Radjasa, berjanji, jika dirinya bersama pasangannya menang, dia mentargetkan minimal 30 persen kursi menteri atau sedikitnya sembilan kementerian dalam kabinetnya akan dipimpin oleh perempuan.

Ketua Umum (ketum) DPP Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut mengatakan, perempuan merupakan sosok penting dalam proses pembangunan bangsa. Sebab perempuan, khususnya ibu-ibu merupakan tiang negara. Karena itu pemberdayaan perempuan merupakan salah satu program prioritasnya jika terpilih nanti.

“Bapak Prabowo ingin hal itu diimplementasikan dalam kabinet. Barangkali ibu-ibu di sini adalah wajah-wajah calon pemimpin,” katanya, saat berorasi di depan ratusan aktivis organisasi kemasyarakatan perempuan di Rumah Polonia (markas tim pemenangan Prabowo – Hatta), Jakarta Timur, Kamis (27/5/201s).

Hatta memaparkan mengenai kabinet sekarang ini hanya diisi empat perempuan, yaitu Nafsiah Mboi (Menteri Kesehatan), Armida Alisyahbana (Menteri Negera Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas), Linda Amalia Gumelar (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), dan Marie Elka Pangestu (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif).

Ke depan, lanjut dia, setidaknya sembilan perempuan harus mengisi kabinet. Selain soal kabinet, mantan Menteri Koordinator Perekonomian dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II itu berjanji akan menghukum berat para pelaku kejahatan seksual terhadap anak. Sebab aksi tersebut masuk kategori kejahatan luar biasa yang menghancurkan masa depan anak. “Pendekatannya pun harus luar biasa. Itu tindakan di luar perikemanusiaan,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu penggagas komunitas Perempuan Pendukung Prabowo-Hatta, Siti Zainab Yusuf Asy’ari membacakan deklarasi dukungan yang berisi tiga poin:

1. Perempuan Perempuan mendukung komitmen Prabowo-Hatta untuk melibatkan perempuan di posisi strategis pengambilan kebijakan sesuai kapasitas dan kompetensinya.

2. Perempuan Indonesia memandang bahwa pasangan Prabowo-Hatta memiliki keunggulan, keandalan, dan keutuhan representasi dari kemajemukan masyarakat Indonesia.

3. Perempuan Indonesia mendukung Prabowo-Hatta yang jelas berkomitmen untuk membangun Indonesia yang melindungi anak dan keluarga sebagai basis tumbuhnya sumber daya manusia (SDM) unggul Indonesia di era persaingan global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here