Inilah Sejumlah Artis Menang dan Kalah di Dapil Jawa Tengah

0
355

Jakarta, Pemilu.com – Banyaknya nama artis layar kaca yang mendapatkan suara cukup tinggi di pintu Legislatif  Senayan, Jawa Tengah menjadikan sejumlah artis diperkirakan melenggang dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah ke Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), sebagian lainnya harus mengubur impian menjadi wakil rakyat. Siapa sajakah?

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan dan mengesahkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 tingkat nasional Provinsi Jateng Dapil I-V, Rabu (30/4) sore. Pada Dapil Jateng I (Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Kendal), musikus dangdut Jamal Mirdad yang menjadi Calon Legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Gerindra nomor urut 1, berhasil meraih suara tertinggi, yakni 39.760.

Dengan perolehan Parpol sebanyak 206.57795.584, Gerindra berhak meraih satu kursi dari Dapil Jateng I. Alhasil, Jamal pun diperkirakan berhak menduduki kursi di parlemen.

Selain Jamal, dari Dapil Jateng I, lolos pula mantan petenis nasional yang pernah menduduki peringkat 19 dunia, Yayuk Basuki. Menduduki nomor urut 1 Caleg DPR RI Partai Amanat Nasional (PAN), perempuan kelahiran Yogyakarta 43 tahun silam tersebut mendulang 25.615 suara, terbanyak di partainya. Sementara partainya secara total meraih 136.583 suara, sehingga berhak atas satu kursi.

Meski dari Dapil yang sama, nasib berbeda dialami Caleg Partai Nasdem nomor urut III, Joice Triatman. Runner up kontes kecantikan Miss Indonesia 2005 dan mantan presenter berita salah satu stasiun televisi nasional ini hanya mampu meraih 7.216 suara.

Sementara di Dapil Jateng V (Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta), tak ada satu pun artis ibu kota yang bertarung di sana mampu merebut kursi parlemen. Penyanyi Theodora Meilani Setyowati atau yang lebih dikenal dengan nama Tia AFI yang maju sebagai Caleg DPR RI nomor urut III dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), hanya mampu meraih 1.755 suara.

Dari Partai Gerindra, aktris senior RR Murti Sari Dewi yang maju sebagai Caleg nomor urut 3, hanya meraih 7.067 suara. Sedangkan pedangdut cantik Angel Lelga Anggreyani, yang maju sebagai Caleg nomor urut 1 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hanya mereguk 13.857 suara. Jumlah tersebut merupakan perolehan tertinggi dibandingkan Caleg lain dari Partai berlambang Ka’bah tersebut. Namun karena perolehan total PPP hanya 52. 877, maka tak ada satu pun Caleg partai berlambang Ka’bah di Dapil tersebut yang lolos ke parlemen dengan patokan teori bilangan pembagi pemilih (BPP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here