Jadi Menko Polhukam ke-14, Partai Hanura Belum Putuskan Pengganti Wiranto

0
47

Jakarta, PEMILU.com – Wakil Sekjen Partai Hanura  Berliana Kartakusumah, mengucapkan selamat atas terpilihnya Ketua Umum Partai Hanura Wiranto sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan.

“Kita ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Presiden mempercayakan menteri Polhukam kepada Pak Wiranto,” kata Sekretaris Jenderal Partai Hanura, Berliana Kartakusumah, di Jakarta, Rabu (27/7).

Sebagai konsekuensinya, Wiranto harus mundur dari jabatanya sebagai Ketum Partai Hanura karena sudah menjadi keharusan bagi anggota Kabinet untuk tidak merangkap jabatan. Namun, hingga usai pelantikan anggota kabinet baru, Rabu (27/7) pukul 13.30 WIB, Wiranto masih menjabat sebagai Ketum Partai Hanura. Menurut Berliana, partainya masih akan merapatkan tentang pengganti Wiranto.

“Kita bicarakan lebih dahulu bagaimana menyikapi dari keputusan presiden ini,” katanya.

Berliana memahami, sebagai prajurit TNI Wiranto akan lebih mengutamakan tugas negara dibanding pengabdian lainnya. Partai Hanura juga ikhlas, kadernya Saleh Husin terpaksa harus dipecat dari kursi Menteri Perindustrian.

“Kami berkeyakinan bahwa kemaslahatan bangsa adalah diatas segala-galanya dalam keputusan presiden, termasuk dalam hal apakah itu memposisikan seseorang kemudian juga mengistirahatkan seseorang di dalam pemerintahannya,” tandasnya.

Karis Wiranto cukup cemerlang di bidang pemerintahan. Pria kelahiran, Yogyakarta 4 April 1947 ini pernah menduduki pos kementerian strategis. Dimulai dari Panglima ABRI ke-9, pada masa era pemerintah Presiden Soeharto, Menteri Pertahanan dan Keamanan ke-20 pada era pemerintahan Presiden BJ. Habibie.

Kemudian, pada masa era pemerintahan Presiden Abdurahman Wahid (Gusdur), Wiranto pernah menduduki kursi Menko Polhukam ke-6. Dan sekarang ia menjadi Menko Polhukam ke-14.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here