Jika Demokrat Ke Jokowi, Sulit Ada-nya Poros Ketiga

0
24

Jakarta, Pemilu – Wacana dimana ada poros ketiga di Pilpres 2019 tampaknya akan sulit direalisasikan.

Hal itu bisa saja terjadi karena Demokrat yang merupakan salah satu kekuatan politik di Indonesia menunjukkan sinyal bahwa mereka akan berjuang kepada Jokowi di pemilu mendatang.

Pengamat Politik UIN, Adi Prayitno mengatakan bahwa partai yang dipimpin oleh SBY sejauh ini selalu memiliki magnet untuk menarik partai-partai lain untuk berkoalisi.

Adanya poros ketiga juga sulit setelah Demokrat menunjukkan siap memberikan dukungan kepada Jokowi sembari mereka memberikan nama AHY sebagai calon pendampingnya.

“Kalau Cikeas mendukung salah satu capres, maka saya kira poros ketiga sangat sulit terjadi,” kata Adi kepada awak media.

Adi sendiri mengatakan bahwa sangat sulit peluang untuk adanya poros ketiga jika tidak dipimpin oleh Demokrat dimana jika poros ketiga dimulai oleh PKB, maka poros tersebut tidak akan terbentuk.

“Jika PKB mencoba buat poros ketiga, itu akan susah, PKB mau ajak siapa, karena PAN dan PKS belum tentu mau, dan tentu saja itu akan menjadi sebuah pr sendiri apabila ada yang ingin membuat poros ketiga,” kata Adi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here