Kabinet Jokowi Bisa Jadi ‘Mainan’ DPR

1
1

Jakarta, PEMILU.com –  Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melantik kabinetnya, pagi ini (27/10). Beberapa nama menteri Jokowi diantaranya menimbulkan perdebatan.

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mengatakan, pihaknya dapat memaklumi atas penunjukkan 34 orang itu menjadi pembantu Jokowi. Namun, disisi lain menunjukkan ketidakmampuan Jokowi menghadapi tekanan politik.

“Dalam artian, Jokowi tidak sanggup menghindari tekanan elit parpol pendukungya,” ujar Lucius, di Jakarta, Senin (27/10).

Lucius meragukan janji Jokowi yang mengatakan ingin membentuk kabinet yang profesionalisme seperti yang dikampanyekannya dulu. Keraguan itu muncul seiring dengan penunjukkan menteri-menteri yang condong merupakan kader partai ketimbang politisi yang profesional dalam bidangnya.

“Saya membayangkan bagaimana nanti para menteri ini bisa menjadi mitra yang seimbang dengan DPR. Mayoritas menteri yang bukan tipe petarung bisa-bisa membuat mereka akan menjadi ‘mainan’ DPR,” pungkasnya.

Diketahui, Presiden Jokowi telah mengumumkan kabinetnya, Senin (27/10) sore. Kabinet yang diberi nama ‘Kabinet Kerja’ itu terdiri dari 34 tokoh dari berbagai kalangan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here