Kenapa Indonesia Empat Kali Menjadi Anggota Tidak tetap DK PBB

0
6
Jusuf Kalla Capres 2014 PKB PPP

Jakarta, Pemilu – Indonesia sudah beberapa kali menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Mengenai hal tersebut, wakil presiden Jusuf Kalla menjelaskan beberapa faktor yang menjelaskan hal tersebut.

JK mencontohkan keikutsertaan Indonesia dalam perdamaian dunia yakni dengan mengirimkan pasukan perdamaian ke negara konflik. Hal itu sudah dilakukan Indonesia sejak kemerdekaan.

“Negara lain melihat pengalaman Indonesia dan sumbangannya dalam perdamaian sejak tahun ’50-an. Indonesia mengirimkan peacekeeping force, apakah itu di Timur Tengah, Sinai, Kongo, Bosnia, di mana-mana Indonesia ikut serta. Kadang tidak banyak negara yang memiliki fasilitas latihan khusus pasukan keamanan,” jelas sang wakil Presiden dalam lawatannya ke Tokyo, Jepang, Senin (11/6/2018).

Selain keikutsertaan pasukan perdamaian, Kalla juga menyebut faktor Indonesia terpilih untuk yang keempat kali menjadi anggota DK PBB karena kerja sama banyak pihak.

“Ya, semuanya bekerja dengan baik. Ibu Menlu dan seluruh stafnya melobi. Saya juga tentu apabila di PBB hampir semua acara-acara, pesta-pesta hadir untuk melobi negara-negara anggota lainnya. Kalau di-voting itu kan suara negara besar dan negara kecil sama saja. Sama dengan pemilihan umum. Ini hasil kerja semua lah. Kenapa berhasil? Karena kerja keras teman-teman Kemenlu dan lobi kita semua,” kata JK.

Indonesia sebelumnya pernah menjadi anggota tidak tetap DK PBB pada periode tahun 1974-1975, tahun 1995-1996 dan tahun 2007-2008. Dua kali saat kekuasaan Presiden Suharto dan satu kali pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkuasa.

Ada empat fokus yang ditetapkan Indonesia pada periode keempat ini, yakni memperkuat ekosistem perdamaian dan stabilitas global, menguatkan sinergitas antar negara-negara dengan DK PBB dalam menjaga perdamaian, mendorong terbentuknya global comprehensive approach untuk memerangi terorisme, radikalisme, dan ekstremisme, lalu mendorong kemitraan global untuk mencapai perdamaian dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here