KPU: Ada Beban Fundamental Penyelenggara Pemilu

1
30

Jakarta, PEMILU.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengakui kekisruhan yang terjadi dalam proses pemilihan legislatif (Pileg) 2014 tidak terlepas dari sumber daya manusia (sdm) yang dimiliki KPU terutama pada level bawah.

“Kita harus pahami di tingkat penyelenggara pemilu tidak semua personil orang profesional dan permanen, ada struktur bersifat adhoc,” ujar Husni di kantornya, Jakarta, Jumat (2/5).

Di sebagian daerah misalnya, kata Husni, bahkan sulit untuk mencari petugas panitia pemungutan suara (PPS). Mereka beranggapan, konsekuensinya tidak sebanding dengan tanggung jawab yang harus dipikul.

“Mungkin saja mereka jujur, tapi dalam pencatatan tidak terperhatikan. Jadi ada beban fundamental sistem pemilu kita, harus mencatat sementara yang dicatat terlalu besar,” kata Husni.

Karena itu agar tidak terjadi kekisruhan lagi pada saat pemilihan presiden 9 Juli mendatang, peningkatan pemahaman akan dilakukan secara reguler. Kendati demikian, Husni tak berani jamin apakah tenaga adhoc yang sudah dilatih satu kali akan memahami tugas. Sebab, hal itu bergantung pada sistem rekruitmen yang ada.

“Apalagi rekrutmen dalam UU Pemilu mensyaratkan ada rekomendasi pejabat daerah,” tandasnya.

1 COMMENT

  1. Jangan hanya menyalahkan yg di bawah (pps) coba kpu analisa logis kah 1 pps hrs mengurusi >60 tps dan pps lain hanya 7 tps sdgkan honor sama tp resiko sangat berbeda ADIL kah itu, blm lagi kami harus tombok dana yg besar dan sampai detik ini belum ada kejelasannya apalagi diganti uang kami
    Kami nombok utk fotocopy Model D hampir 4.000 lbr, biaya kirim kotak dr pps ke kpps dan swbaliknya krn sejak awal sosialisasi ke kpps sdh disampaikan bahwa ada biaya utk itu tp mana buktinya, belum lagi harus nombok ini itu slama pra pelaksanaan dan pasca pemilu….
    Kami tahu kpu sangat susah kerjanya krn kami merasakan itu di tingkat bawah tapi APA ADIL kami tidak minta RATA tapi ADIL LAH ….
    Entah apa uang kami akan kembali kami hanya bisa berucap “Lemah teles Gusti Allah seng bales”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here