KPU Sarankan Pemilu 2019 Gunakan E-Rekap

0
472
KPU Sarankan Pemilu 2019 Gunakan E-Rekap

Jakarta, PEMILU.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyarankan agar Pemilu 2019 menggunakan sistem rekap elektronik. Pengamanan saat rekap melalui sistem digital dinilai  lebih realistis ketimbang mendorong pemungutan suara melalui sistem elektronik atau e-voting.

E-rekap diperlukan karena banyak keluhan soal keamanan suara pemilih dari tempat pemungutan suara (TPS) ke KPU Pusat. “E-rekap adalah jawaban untuk mengamankan suara,” kata Ketua KPU, Juri Ardiantoro, Jakarta.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri ingin electronic voting atau e-voting dilaksanakan pada Pemilu 2019 dengan menggunakan kartu tanda penduduk elektronik (eKTP) sebagai basis datanya. Karenanya, kementerian yang dipimpin Tjahjo Kumolo ini menginginkan agar persoalan e-KTP tuntas pada 2017.

Juri menilai penggunaan e-voting belum diperlukan tetapi harus dipersiapkan. Berdasarkan kajian KPU, kata dia, waktu persiapan teknologi dan infrastruktur  lebih panjang. Ia pun menilai pihak penyelenggara dan masyarakat belum tentu siap dengan model pemungutan suara ini.

Senada, Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edy juga mendorong penggunaan teknologi dalam pemilu. Namun, ia berpesan agar penggunaan teknologi justeru menggagalkan Pemilu.

“Jangan sampai juga kita menggunakan teknologi untuk memanipulasi suara,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here