KPU Tak Perlu Perbarui DPT Untuk Pilpres

0
30

Jakarta, PEMILU.com – Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) menyarankan Komisi Pemilihan tidak perlu melakukan perbaikan terhadap data pemilih tetap (DPT) untuk pemilihan presiden 9 Juli mendatang.

“Jika Mendagri dapat menjamin E-KTP sudah 100 persen lebih baik tidak perlu ada DPT untuk Pilpres. Cukup menggunakan KTP sebagai ganti DPT,” ujar Direktur Sigma Said Salahuddin kepada Pemilu.com ketika dihubungi, di Jakarta, Senin (28/4).

Menurut Said, penyusunan daftar pemilih hanya menghambur-hamburkan uang rakyat. Sementara hasilnya, DPT selalu bermasalah.

“Pileg kemarin kan ujung-ujungnya juga pakai KTP karena form C6 banyak bermasalah,” cibir dia.

Ditambahkan Said, agar memiliki pijakan hukum, sebaiknya UU Pilpres yang mengatur tentang pendaftaran pemilih diajukan Judicial Review (JR) ke Mahkamah Konstitusi (MK) agar dibatalkan saja.

Untuk diketahui, KPU telah menetapkan peraturan KPU tentang pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres). Dalam peraturan tersebut disebutkan jadwal pemungutan dan penghitungan suara untuk Pilpres dilaksanakan 9 Juli 2014.

Dalam peraturan tersebut juga diatur daftar pemilih sementara (DPS) Pilpres 2014 berbasis pada daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 dengan lama pemutakhiran selama satu bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here