NasDem: Pileg 2014 Paling Menyedihkan

0
69

Jakarta, PEMILU.com – Partai Nasional Demokrat (NasDem) menilai Pemilu Legislatif 2014 (pileg 2014) sebagai pagelaran yang paling meyedihkan. Pasalnya, parpol baru peserta pemilu itu melihat Pileg 2014 banyak diwarnai dengan kecurangan.

“Pemilu legislatif yang telah kita lalui adalah pemilu yang paling menyedihkan bagi anak bangsa yang hati nuraninya menjunjung tinggi kebenaran. Terlalu banyak kecurangan yang terjadi di Pileg 2014,” ujar Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem dalam acara Rakernas NasDem di Jakarta, Rabu (28/5).

Kecurangan yang terjadi pada pemilu lalu, ungkap Surya, disebabkan oleh sistem proporsional terbuka yang diterapkan pada Pileg 2014. Sehingga, membuka ruang untuk terjadinya kecurangan.

Fairness (keadilan) tidak terjadi. Hal itu dikarenakan sistem yang memang tidak membangun semangat kerja sama.

“NasDem berharap KPU melakukan perbaikan sistem untuk kedepannya dalam waktu dekat ini. Tidak lama lagi kita akan menyelenggarakan pemilihan presiden, untuk itu penyelenggara pemilu harus memperbaiki kualitas sistem pemilihan sehingga yang lalu tidak terulang,” harap Surya.

Sepakat dengan Surya Paloh, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Ashiddiqie, menyarankan agar sistem pemilu yang lalu sebaiknya dievaluasi total, sehingga tidak terjadi lagi kekacauan pada saat pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) mendatang.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini melanjutkan, pada pileg lalu banyak terjadi kecurangan karena salah satunya disebabkan pengawasan yang terjadi sangat longgar. “Sistem pengawasan yang lemah karena tidak adanya saksi parpol baik saat pencoblosan dan penghitungan suara mengakibatkan banyaknya kecurangan mulai dari pemindahan suara, pencurian suara dan pengelembungan suara terjadi,” tutup Jimly.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here