Oktober, Kemendagri Buka Pendaftaran Komisioner KPU dan Bawaslu

0
38

Jakarta, PEMILU.com – Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Polpum Kemendagri) akan mulai melakukan seleksi calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada bulan akhir Oktober 2016. Pasalnya, masa kerja komisioner KPU-Bawaslu akan  yang berakhir pada April 2017 dan sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang penyelenggara pemilu menyatakan komisioner harus diseleksi 6 bulan sebelum berakhir masa kerja komisioner KPU Bawaslu 2012-2017.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua MPR Mahyudin meminta rekruitment anggota Bawaslu dan Panwaslu diperketat. Sebab, kinerja Bawaslu dan Panwaslu selama ini masih mengecewakan. Mereka, dinilai tidak mampu menjalankan tugasnya mengawasi penyelenggaraan pemilu.

“Pengawasannya sangat lemah. Ini yang harus diperbaiki,” ujar Mahyudin.

Karena itu, ia sangat berharap pemerintah harus memilih sosok yang benar-benar kredibel dan bertanggung jawab. Sebab, selama ini ada dugaan para pengawas banyak yang terlibat kecurangan, suap.

“Nah, ke depan, hal-hal semacam itu harus ditekan. Kuncinya ya saat seleksi anggota, cari yang kredibel, independen,” ujar Mahyudin.

Dia mengatakan, pengawas pemilu yang kredibel dan independen, akan mampu menciptakan pemilu sebagai sebuah pesta demokrasi yang benar-benar akuntbel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here