Profil Tokoh: Prabowo Subianto

1
130

NamaLengkap : Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo

Panggilan.       : Prabowo

Agama.           : Islam

Tempat Lahir.  : DKI Jakarta

Tanggal Lahir.  : 17 Oktober 1951

Zodiac.            :

Hobby.             :

Warga Negara : Indonesia

 

Prabowo Subianto adalah mantan Danjen Kopassus, pengusaha dan politisi. Ia anak dari begawan ekonomi Indonesia, Soemitro Djojohadikusumo.

Pada pemilu 2009, Prabowo maju sebagai calon wakil presiden Megawati Soekarnoputri. Saat ini Prabowo sedang bersiap untuk kembali maju sebagai calon presiden di pemilu presiden 2014.

Prabowo pernah mengenyam pendidikan di Akademi Militer Magelang pada tahun 1970 dan lulus pada tahun 1974. Selama karir militernya, ia berjasa dalam sebuah operasi melawan Gerakan Papua Merdeka. Ia membebaskan 12 peneliti yang sedang melakukan ekspedisi, 5 di antaranya  adalah warga negara Indonesia.

Nama Prabowo sering dikaitkan dengan dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Dial dituding sebagai dalang dari serangkaian aksi penculikan para aktivis penembakan mahasiswa Trisakti, pada Mei 1998.

Selain karir politik dan militernya, Prabowo juga memiliki sebuah bisnis bersama saudaranya di Mangkajang, Kalimantan Timur. Ia kini tercatat memimpin 27 perusahaan di Indonesia dan luar negeri. Perusahaan yang dipimpinnya meliputi Nusantara Energy (perusahaan minyak, gas alam dan batu bara), Tidar Kerinci Agung (minyak kelapa), dan Jaladri Nusantara (industri perikanan).

Prabowo juga mendirikan beberapa organisasi masyarakat seperti Asosiasi Petani Indonesia, Asosiasi Pedagang Pasar Tradisional Indonesia, Asosiasi Pencak Silat Indonesia.

Prabowo pernah menerima penghargaan bergengsi baik di dalam negeri maupu luar negeri. Penghargaan tersebut antara lain, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun, Satya Lencana Seroja Ulangan–III, Satya Lencana Raksaka Dharma. Kemudian, Satya Lencana Dwija Sistha,Satya Lencana Wira Karya, The First Class The Padin Medal Ops Honor dari Pemerintah Kamboja, Bintang Yudha Dharma Nararya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here