TERBARU:
Home / CALEG / KPU Diminta Publikasikan Riwayat Hidup Caleg
Daftar Caleg Sementara KPU

KPU Diminta Publikasikan Riwayat Hidup Caleg

Jakarta, PEMILU.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui situs resminya www.kpu.go.id telah mengumumkan nama-nama Daftar Caleg Sementara (DCS) pada hari Kamis 13 Mei 2013. Tujuan dari diumumkannya nama-nama DCS tersebut agar masyarakat bisa memberikan masukkan kepada KPU dan dibuka hingga 27 Juni 2013.

Dalam Daftar Caleg Sementara tersebut, KPU hanya mencantumkan nama dan foto para caleg tanpa dijelaskan mengenai riwayat hidup caleg.

Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) memberikan masukan kepada KPU agar secepatnya melengkapi DCS dengan riwayat hidup masing-masing caleg mengingat waktu yang terbatas hanya dua minggu bagi masyarakat yang hendak memberikan masukkan.

Deputi JPPR, Masykurudin Hafidz berpendapat “Publikasi calon legislatif ini sangat penting terutama bagi masyarakat yang daerahnya diisi oleh caleg yang berasal dari kabupaten/kota lain bahkan provinsi yang lain.”

“Sebaiknya KPU segera mengumumkan riwayat hidup setidaknya di situs resmi KPU agar bisa diakses oleh publik. Apabila belum bisa diumumkan semua, KPU bisa mengumumkan secara bertahap mengingat terbatasnya waktu yang hanya dua minggu untuk tahapan masukan dari masyarakat”.

Menurut Masykurudin, calon yang bersedia mempublikasikan riwayat hidupnya menandakan bahwa ia terbuka kepada masyarakat sehingga selangkah lebih maju dari calon yang tidak bersedia dan tentu akan meningkatkan elektabilitas calon tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>