Konvensi Capres Demokrat Berlanjut

3
54

Jakarta, PEMILU.com  – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kumpulkan seluruh peserta konvensi calon presiden partai Demokrat di kediaman SBY Puri Cikeas, Bogor. Selain mengundang peserta konvensi capres, SBY juga mengundang 33 pengurus DPD partai Demokrat.

Pertemuan tertutup itu membahas poros baru. Selain itu rapat juga dimanfaatkan untuk mengevaluasi hasil perolehan suara pileg 2014 di level daerah.

“Kami menyelesaikan pekerjaan rumah dulu (konvensi). Demokrat masih optimis. Masih ada berbagai pilihan bagi Demokrat,” ujar Ketua Harian Partai Demokrat Syariefudin Hasan di Cikeas, Bogor.

Dalam pertemuan berdurasi satu jam setengah tersebut, SBY meminta seluruh peserta meneruskan konvensi untuk menentukan capres dari Demokrat. “Bagaimanapun cara itu (konvensi) cara terbaik memilih capres di tengah calon-calon (parpol tiga teratas) yang ada sekarang sedikit banyak masih dipertanyakan masyarakat tentang aksepbilitas dan kapabilitasnya dalam mengatasi persoalan bangsa,” kata Syarief.

Partai Demokrat tengah fokus mempersiapkan debat konvensi. Seluruh peserta mesti memaparkan konsep dan solusi sesuai kebutuhan masyarakat dengan jelas dan lugas pada debat final itu.

“Lebih kuantitatif menyangkut masalah masyarakat. Waktu kampanye, belum ada solusi secara khusus. Masih konteks hura-hura. Debat nanti harus menjawab itu (solusi masalah),” ujarnya.

Ditambahkan Sekretaris Komite Konvensi Capres Demokrat, Suaidy Marasabessy, hasil konvensi dapat diketahui setelah survei selama 15 hari dilakukan. Direncanakan, Senin (28/4) mendatang, survei akan dimulai.

Karena itu, pada pertengahan Mei mendatang, rencananya Partai Demokrat akan mengumumkan pemenang konvensi “Nanti lihat saja. Yang pasti sebelum deadline pendaftaran capres, Demokrat sudah memastikan itu,” terang dia.

Indikator dalam penentuan pemenang konvensi, jelasnya, yakni elektabilitas, popularitas, dan kualitas. “Survei tetap menjadi rujukan utama. Situasi politik terkini juga mempengaruhi,” ujar Suaidy.

Salah satu peserta konvensi capres Ali Masykur Musa menambahkan, pertemuan itu lebih kepada persiapan menghadapi debat konvensi terakhir. “Tidak ada membahas koalisi. Koalisi menjadi kewenangan partai. Saya tahunya konvensi jalan terus,” ucap anggota BPK RI tersebut.

Peserta konvensi capres Partai Demokrat lainnya, Irman Gusman menuturkan, dalam pertemuan itu SBY menyampaikan apresiasi dan mensyukuri perolehan suara Demokrat yang menurut versi hitung cepat lembaga survei mencapai 10 persen.

“Tadinya diperkirakan hanya tujuh persen. Konvensi ini jadi nilai tambah. Pak SBY mengharapkan model konvensi ini jadi contoh nasional dalam menjaring pemimpin nasional,” papar Irman.

Menurut dia, saat ini SBY tengah mencoba memperjuangkan alternatif poros keempat, selain poros ketiga capres yang telah ada saat sekarang. Poros tersebut dibangun sehingga Demokrat bisa mengajukan calon presiden dari peserta konvensi.

“Komunikasi tentu jalan dengan ketum partai lain. Semua masih dalam pembicaraan. Ini kan upaya dalam mencari kemungkinan.Ini (metode) kan cukup baik,” ujar Ketua DPD RI itu.

Namun, Irman tak berani memastikan jika pemenang konvensi ini akan dicalonkan sebagai capres pada pilpres 9 Juni mendatang. “Kami serahkan ke bentuk bangunan koalisinya bagaimana,” ujarnya.

3 COMMENTS

  1. Partai Demokrat belum memutuskan apakah pemenang konvensi akan jadi capres atau cawapres, Demokrat masih terus melakukan komunikasi politik utnuk menentukan langkah politiknya

  2. Pramono Edhie dan Gita Wiryawan punya kualitas dan integritas untuk menjadi capres dari Demokrat. Kita tunggu saja siapa pemenang Konvensi

  3. SBY belum mengambil sikap terkait nasib peserta konvensi apakah nanti langsung jadi capres atau Cawapres Demokrat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here