Partai Demokrat Juara Melanggar Aturan Pemilu

1
56

Jakarta, PEMILU.com – Selama periode 7 Februari hingga 8 Maret 2014 lembaga pemantau Pemilu, MataMassa telah memverifikasi laporan masyarakat terkait pelanggaran partai politik sudah mencapai 722 kasus. ┬áDari total jumlah tersebut, laporan dugaan pelanggaran administrasi sebanyak 688 laporan, sedangkan dugaan pelanggaran pidana sebanyak 34 laporan.

“Dari semua laporan yang masuk, hingga saat ini partai yang paling banyak dilaporkan oleh masyarakat ke MataMassa adalah Partai Demokrat, dilaporkan sebanyak 149 kali laporan,” ujar Pendiri Mata Massa Artur Gideon, di Jakarta, Senin (10/3).

Arthur menjelaskan, pelanggaran terbanyak disusul Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebanyak 127 laporan, kemudian partai Hanura sebanyak 126 laporan. Laporan pelanggaran paling sedikit Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yakni sebanyak 28 kali laporan.

Sementara partai lain, PBB sebanyak 29 kali laporan, PKPI 37 kali laporan, PAN 46 kali laporan. Kemudian, PPP sebanyak 51 kali laporan, PKS sebanyak 70 kali laporan, Partai Nasdem 79 kali laporan. Partai Golkar dan Gerindra masing-masing sebanyak 81 dan 96 kali laporan.

Arthur menjelaskan, laporan dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu sebagian besar berupa pemasangan iklan di media massa seperti koran media online dan televisi. “Tayangan ini dikategorikan pelanggaran pidana berdasarkan Peraturan KPU dengan sanksi pidana penjara 1 tahun dan denda Rp12 juta,” terang Arthur.

Temuan dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu lainya, seperti pembagian beras yang bungkusnya terdapat informasi nama, partai, nomor urut seorang caleg. Selain itu, pembagian kalender dan contoh surat suara. Bahkan pembagian formulir Kartu Jakarta Pintar (KJP) disertai formulir komitmen untuk memilih seorang caleg.

Sementara, pelanggaran administrasi lebih banyak berupa penempatan alat peraga yang tidak sesuai dengan aturan yang ada. “Seperti poster yang dipaku di pohon dan juga spanduk yang ditempel melintang di tiang-tiang listrik atau telepon,” tandas dia.

1 COMMENT

  1. klo menurut gw sih yang parah tu si hanura, liat tuh win ht sampe banned acaranya sama kpi gara gara kuis win ht yang maksa banget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here