Pengamat: Demokrat, Partai Tradisional

0
85

Jakarta, PEMILU.com – Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, partai Demokrat termasuk partai yang belum modern. Sebab partai tersebut masih sangat tergantung pada figur (person) seorang tokoh seperti SBY.

“Namun mencoba memphoto copy gaya partai Demokrat di Amerika Serikat, tapi isinya tetap saja partai demokrat masih tradisional,” ujarnya ketika dihubungi Pemilu.com, di Jakarta, Kamis (3/4).

Menurut Syarwi, parpol yang moderen itu apabila sudah membangun sistem politiknya sendiri, artinya sudah tak tergantung lagi pada tokoh. Contoh bicara Gerindra maka elektibilitas parpol tersebut tak bisa lepas dari sosok Prabowo Subianto, bicara PDI-P juga tak bisa lepas dari ketua umumnya Megawati.

Termasuk kemenangan partai demokrat pada pemilu 2009 tak terlepas dari figur SBY. Selain itu bisa dilihat oligarki kepartaian yang sedang dibangun Demokrat. Ketika  Anas tersangkut korupsi, ketua umumnya adalah SBY, anaknya jadi sekjen.

“Ini membuktikan Demokrat bukan parpol yang demokratis namun masih partai tradisional,” sambung alumnus Unersitas Indonesia itu.

Konvensi demokrat yang memunculkan figur seperti Dahlan Iskan, Gita W, Pramono Edhie dan Irman Gusman, menurut Syarwi tak lebih hanya untuk gagah-gagahan parpol saja. “Sehingga seolah-olah parpol Demokrat demokratis,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here