Dana Kampanye Gerindra Terbesar, Pengamat: Wajar, Karena Siap Menang

0
51

Jakarta, PEMILU.com – Pengamat politik Universitas Bung Karno Reza Hariyadi mengatakan, dana kampanye penting untuk dilaporkan kepada publik demi akuntabilitas politik, sekaligus untuk memastikan bahwa tidak ada  sumber-sumber dana  ilegal, seperti hasil korupsi, maupun pencucian uang.

Besaran dan sumber dana, kata Reza, juga dapat menjadi indikator untuk menilai sejauhmana kemandirian suatu partai yang nantinya akan mempengaruhi kinerja politiknya.  Persoalannya di Indonesia, hampir seluruh partai tidak memiliki sumber pendanaan yang memadai dan akuntabel di tengah sistem politik berbiaya tinggi.

“Sehingga partai politik menjadi beban bagi sektor bisnis dan anggaran negara,” ujar dia, ketika dihubungi, di Jakarta, Senin (3/2).

Terkait dengan laporan dana kampanye Gerindra yang lebih besar dari partai lain, Reza mengatakan, hal itu wajar saja. Sebab, Gerindra memang punya target menang pemilu legislatif dan menjadikan Prabowo sebagai Capres. Pemilu kali ini akan menjadi masa penentuan bagi masa depan politik Prabowo.

Begitu pula dengan Gerindra yang lekat dengan personifikasi Prabowo. “Karena itu, Gerindra musti all out untuk mencapai Presidential Treshold jika mau mengincar kursi capres,” lanjut dia.

Soal laporan dana kampanye partai lainnya, jelas Reza, mustinya mereka ‘blak-blakan’ saja kepada publik. Secara common sense, publik sudah tahu bahwa belanja kegiatan politik partai lebih besar dari sumber dana resmi yang mereka

Besarnya dana kampanye, imbuh mantan aktifis GMNI itu, tidak bisa menjadi garansi sebagai pemenang Pemilu. “Tergantung sejauhmana alokasi dana itu tepat sasaran sehingga efektif dalam mempengaruhi persepsi publik dan menggerakan infrastruktur mobilisasi politiknya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here