Golkar Diminati Pemilih Pemula

0
29

Jakarta, Pemilu.com – CEO Lembaga Klimatologi Politik (LKP), Usman Rachman menilai meskipun partai Golkar menjadi partai tertua diantara partai yang ada pada peserta Pemilu 2014, Partai Golkar tetap menjadi partai yang diminati para pemilih pemula.

Menurut Usman,para pemilih pemula cenderung lebih menyukai partai-partai nasionalis daripada partai-partai berbasis Islam. “Ada 22,9 persen pemilih pemula memilih Partai Golkar jika dilaksanakan saat ini.Itu ketika survei dilakukan oleh LKP,” ujar Usman dalam keterangan pers-nya di Jakarta,Selasa (1/4).

“Untuk kedua dan ketiga,pemilih pemula memilih PDIP dengan 20,4 persen ┬ádan Partai Gerindra dengan 15,6 persen,” terangnya.

Sedangkan untuk partai-partai berbasis Islam,kata Usman,elektabilitasnya lebih rendah dikalangan pemilih pemula.”Karena ada sebanyak 77 persen pemilih pemula memilih partai-partai nasionalis,” katanya.

“Dan ada sebanyak 19,2 persen mengaku memilih partai-partai Islam,” ucapnya.

Pemilih pemula mengaku dalam survei yang dilakukan LKP,memilih partai-partai nasionalis karena partai-partai ini salah satunya selalu tampil depan dalam menawarkan isu-isu dan program perubahan.”Sedangkan partai-partai Islam dinilai pemilih pemula cenderung bersifat konservatif,” jelasnya.

Bersifat konservatif,ungkap Usman,karena partai-partai Islam kurang aktif bersosialisasi untuk mendekati anak-anak muda dan tidak menawarkan program perubahan.”Sehingga pemilih pemula mengatakan bahwa partai-partai Islam terkesan sebagai partai kaum sarungan atau partai kurang gaul,” ungkapnya lagi.

Untuk diketahui,survei LKP dilaksanakan pada tanggal 16-26 Maret 2014 di 34 provinsi dengan responden berumur antara 16-21 tahun. Dan ada sebanyak 1240 responden dengan menggunakan wawancara melalui teknik multi-stage random sampling. Sedangkan ambang kesalahan (margin of error) dari survei LKP adalah +/-2,8 persen dan level of confidence sebesar 95 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here