Wasekjen Golkar Usul Pilkada Serentak

0
26

Jakarta, PEMILU.com РWakil Sekertaris Jenderal (Wasekjen) partai Golkar Nurul Arifin mengusulkan, pemilu serentak tidak hanya terbatas pada pemilu legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) semata. Menurut dia, pemilu serentak juga harus diberlakukan dalam pemilihan umum  kepala daerah (pemilukada).

“Saya sangat sepakat dengan hal tersebut,” kata Nurul, di Jakarta, Minggu (26/1).

Kendati demikian, menurut anggota Komisi II DPR RI itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika pelaksanaan pemilu serentak dihelat ditingkat nasional dan daerah. Persoalan itu adalah terkait regulasi. Sebab, aturan yang berlaku saat ini, masing-masing pelaksanaan pemilu mempunyai dasar hukum sendiri, dan belum ada regulasi tunggal komprehensif yang mengatur hal tersebut.

“Ya, kalo kita sepakat dengan ide tersebut, maka harua ada revisi Undang-Undang pemilu dong. Gimana teknisnya, apa saja yang diatur, semua itu harus dibahas tuntas,” jelas Nurul.

Mantan selebriti itu menambahkan, persoalan lain yang juga mengemuka adalah faktor keamanan. Sebab, jika pemilu serentak dihelat secara nasional dan daerah  jumlah aparat keamanan sangat terbatas.

“Gimana dengan beberapa daerah yang rentan konflik, misalnya di Papua dan Maluku. Tentu saja faktor keamanan harus dijamin kan. Nah ini kan harus ada hitung-hitungan secara matang,” tutup Nurul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here