Hanura: Bansos Untuk Anak Sekolah dan Orang Sakit Tidak Boleh Ditunda

0
1

Jakarta, PEMILU.com – Partai Hanura setuju bila dana bansos untuk dua kementrian dicairkan sebelum pemilu. Dua kementrian itu, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebesar Rp28,332 triliun dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebesar Rp 19,937 triliun.

“Dua Kementrian itu mengurusi anak sekolah dan orang sakit, tak bisa ditunda,” kata Ketua Fraksi Hanura DPR RI Sarifuddin Sudding, di Jakarta, Rabu (2/4).

Namun, kata Sudding, partainya mendukung pembekuan pencairan bantuan sosial (Bansos) untuk kementrian lainnya hingga Pemilu usai digelar. “Pemaksaan pencairan dalam jumlah yang besar menjelang Pemilu mengundang kecurigaan penyalahgunaan kekuasaan untuk kepentingan partai koalisi,” jelas dia.

Apalagi, lanjut Sudding, KPK juga meminta kepada para kepala daerah agar pengelolaan dana hibah dan bansos mengacu pada Permendagri 32/2011 yang telah diubah menjadi Permendagri 39/2012. Dia tidak menampik sinyalemen pencairan dana ini untuk kepentingan partai koalisi.

Sudding mencontohkan, Kementerian Agama dan Kementerian Perumahan Rakyat yang dipimpin elit parpol PPP masing-masing punya alokasi anggaran bansos sebesar Rp11,5 triliun dan PPP Rp1,8 triliun. Demikian pula Kementerian Sosial dan Kementerian Pertanian yang dipimpin elit parpol PKS punya anggaran bansos masing-masing sebesar Rp 5,5 triliun dan Rp4,9 triliun.

Kemudian, Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dipimpin elit Golkar bansosnya mencapai Rp595 miliar. “Mengapa bukan tahun lalu?. Ini tahun politik. Rakyat sudah sangat cerdas untuk sekadar membaca fenomena ini,” katanya.

Sekedar untuk diketahui, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014 dana bansos hanya sebesar Rp55,86 triliun. Namun, sesuai ¬†keputusan presiden (Keppres) jumlahnya dinaikkan menjadi Rp 91,8 triliun. Padahal, realisasi bansos pada Februari lalu mencapai Rp7,4 triliun.¬†“Karena itu Fraksi Hanura sepakat dengan KPK menunda pencairan dana Bansos ini sampai selesai Pemilu,” kata Sudding tegas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here