DKPP Pulihkan Hak Konstitusional Selviana Sofyan Hosen

0
33

Jakarta, PEMILU.com – Dewan Keputusan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengabulkan permohonan sebagian pengadu Selviana Sofyan Hosen. Dengan demikian hak konstitusi mantan atlet olimpiade itu dipulihkan.

“Berdasarkan aturan perundang-undangan pegadu memenuhi persyaratan, sehingga KPU harus memenuhi pemulian hak. DKPP menjamin pemulihan hak konstitusional pengadu bukan pelanggaran kode etik,” bunyi putusan DKPP yang dibacakan oleh Ketua Majlis, Jimly Asshiddiqie yang didampingi oleh Nur Hidayat Sardini, Saut Hamonangan Sirait, dan Valina Subakti.

Berdasarkan pengaduan bernomor 135/I-P/L-DKPP/2013, yang diregistrasi dengan Nomor Perkara 73/DKPP-PKE-II/2013, Selviana merupakan bakal calon anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) daerah pemilihan Sumatera Barat I, dengan nomor urut 3. Pada awalnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan Pengadu tidak ditetapkan dalam Daftar Calon Sementara (DCS) lantaran dinilai tidak memenuhi syarat administrasi telah lulus pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau pendidikan lain yang sederajat. Atas kebijakan KPU yang tidak menetapkan Pengadu dalam DCS, PAN kemudian mengajukan sengketa Pemilu kepada Bawaslu.

Dalam proses sengketa Pemilu di Bawaslu, PAN dapat meyakinkan KPU bahwa Pengadu telah  menamatkan pendidikannya dengan menunjukkan bukti Surat Keterangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Nomor: 3815/D.D1/KP/2013 bertanggal 18 Juni 2013, yang menyatakan bahwa Pengadu telah menyelesaikan pendidikan “Grade 12” di Institute Le Manoir, Bern, Swiss pada Tahun 1969. KPU kemudian menyatakan secara tegas bahwa Pengadu telah memenuhi syarat berpendidikan tingkat SMA.

Meski demikian, dalam Keputusan Sengketa Pemilu yang dikeluarkan oleh Bawaslu justru menyatakan Pengadu tidak memenuhi syarat dan meminta KPU untuk tidak mengikutsertakan Pengadu sebagai calon anggota DPR RI dari PAN pada daerah pemilihan Sumatera Barat I.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here