PAN Lebih Setuju Gunakan Mitra PPL

0
50

Jakarta, PEMILU.com – Partai Amanat Nasional (PAN) lebih setuju pengguanaan Mitra Pemilu Lapangan guna mengawasi jalannya proses pemungutan suara, ketimbang saksi parpol. Sebab, polemik pembiayaan dana saksi partai politik melalui anggaran pendapatan Belanja Negara (APBN) hingga kini masih terus bergulir dan tidak kunjung terealisi. Hal itu dikarenakan, Peraturan Presiden (perpres) sebagai pijakan hukum juga belum ada.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menyarankan agar pemerintah lebih memprioriraskan Mitra Pengawas Pemilu Lapangan (Mitra PPL) yang merupakan usulan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Menurut dia, Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri, didorong bisa membuat Peraturan Presiden (Perpres) sebagai payung hukum untuk penggelontoran dana Mitra PPL yang ditempatkan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak dua orang.

“Ya, saya rasa hal tersebut lebih penting. Dan harus segera dicari payung hukumnya,” kata Viva saat dihubungi wartawan, Jakarta, Jumat (14/2).

Sementara itu, wakil ketua Komisi II DPR RI Abdul Hakam Naja juga menyatakan pandangan serupa. Dia mendorong Kemendagri membuat Perpres selain untuk dana Mitra PPL yang diminta Bawaslu, juga Perpres dana saksi partai politik yang dibiayai negara. Namun demikian, karena terjadi banyak penolakan , Bawaslu tak setuju mengelola dana saksi parpol karena pembahasannya tidak jelas.

“Kalau dua paket (Perpres Mitra PPL dan dana saksi parpol, red) tidak muncul, mestinya harus hindari. Paling tidak ada Mitra PPL dari Bawaslu di setiap TPS sebagai kunci untuk menjembatani saksi parpol dan petugas,” ujar Hakam.

Keberadaan mitra PPL, kata Hakam, sangat penting. Sebab, jika berkaca pada pengalaman Pemilu 2009, keberadaan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) yang berjumlah dua orang dan hanya ditempatkan disetiap kelurahan atau desa, maka kurang bisa menjangkau seluruh TPS yang ada. Kehadiran Mitra PPL di TPS membuat pengawasan bertambah. “Kalau pun dana saksi parpol menggantung, yang jelas adanya Mitra PPL di tiap mestinya fardu ‘ain,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here