Simpatisan PAN Banyak Bawa Anak Dibawah Umur

0
62

Jakarta, Pemilu.com – Walaupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan tegas melarang libatkan anak di bawah umur untuk turut serta dalam kampanye partai politik, nyatanya masih banyak simpatisan Partai Amanat Nasional (PAN) yang turut membawa buah hatinya ke lokasi kampanye terbuka di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (3/4).

Beberapa anak di bawah umur tersebut bahkan juga mengenakan atribut partai, mulai dari kaos, ikat kepala bahkan mengibarkan bendera partai.

Ketika dikonfirmasi, mereka mengaku menyadari ada larangan membawa anak dalam kampanye, namun menurut Suharti, salah seorang simpatisan, dia tidak memiliki pilihan lain. “Kasihan di rumah enggak ada yang jaga”, ungkap simpatisan PAN itu.

Larangan pelibatan anak telah ditegaskan Bawaslu melalui UU Nomor 15 Tahun 2011, serta UU Nomor 8 tahun 2012 Tentang Pemilu Legislatif yang melarang pelibatan anak dalam kampanye pemilu. Bawaslu bahkan berhak menjatuhkan sanksi, meski sanksi tersebut hanya berupa sanksi administratif, bukan sanksi pidana.

Namun tidak menutup kemungkinan akan memberikan sanksi pidana kepada partai politik dengan merujuk UU Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, Pasal 87 mengatur pelibatan anak dalam kampanye.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here