PDIP Dukung Bupati/Walikota Dipilih DPRD

3
42

Jakarta, PEMILU.com – Fraksi PDI Perjuangan mendukung untuk pemilihan bupati dan walikota dipilih oleh DPRD. Selain, PDI Perjuangan menurut Wakil Ketua Komisi II DPR RI Arif Wibowo, fraksi Partai Demokrat juga sepakat pemilihan walikota dan bupati secara tidak langsung.

“Kami sendiri masih mempertimbangkan untuk mengembalikan pemilihan kepala daerah ke DPRD namun dengan partisipasi publik secara terbuka,” Arif di ruang kerjanya, DPR RI, Jakarta, Rabu (9/10).

Namun untuk pemilihan gubernur Arif menjelaskan, hampir semua fraksi di Komisi II sepakat agar dipilih secara langsung. Pemilihan gubernur secara langsung ini memang harus dilakukan untuk memperkuat legitimasi kewenangannya.

“Dalam konstitusi juga terdapat otonomi daerah. Gubernur itu kepala daerah dari otonomi daerah, makanya sebaiknya memang dipilih langsung,” terang dia.

Apalagi, kata Arif sejak kasus Akil Mochtar, semangat untuk mengembalikan pemilihan kepala daerah seperti bupati dan walikota ke DPRD kian menguat. “Intinya pemilihan bupati dan walikota memadukan antara aspirasi DPRD dengan aspirasi rakyat. Ini diperlukan agar walikota atau bupati yang dipilih bukan hanya disukai oleh elitis namun juga publik,” katanya.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here