Home / PEMILU / Bawaslu Wajib Pantau Dana Pemilu 2014
Bawaslu Wajib Pantau Dana Pemilu 2014

Bawaslu Wajib Pantau Dana Pemilu 2014

Jakarta, PEMILU.com – Besarnya dana Pemilu 2014 yang dialokasikan untuk penyelenggaraan pesta demokrasi rakyat tersebut mengundang kekhawatiran dari berbagai pihak karena rawan disalahgunakan oleh dua lembaga penyelenggara Pemilu yaitu Komisi PEmilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas PEmilu (Bawaslu).

Beberapa LSM seperti Lingkar Madani Indonesia (LIMA), Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) dan FITRA pun mendatangi kantor Bawaslu di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat untuk meminta agar Bawaslu dan KPU selaku penyelenggara pemilu untuk menggunakan anggaran secara tepat guna dan transparan.

Direktur LIMA, Ray Rangkuti mengatakan “Siapakah yang akan mengawasi dana pemilu 2014 yang lebih dari 16 triliun rupiah untuk KPU dan Bawaslu? Dan sumber dana perlu diketahui dengan jelas karena diprediksi pada Pemilu 2014 dana yang beredar akan mencapai 30 triliun rupiah.”

Ray pun menambahkan bahwa penyelenggaraan pemilu jangan sampai disandra oleh partai politik karena penyelenggaraannya yang tidak transparan. Hal itu bisa dijadikan kesempatan oleh parpol tersebut untuk mengatur penyelenggaraan pemilu.

Selain itu direktur SIGMA, Said Salahudin menambahkan, “Kita perlu menguji KPU dan Bawaslu untuk membuktikan diri sebagai lembaga yang transparan karena dalam peraturan KPU dan Bawaslu memang diwajibkan untuk transparan. Sekarang apabila kita meminta data apakah mereka akan menyerahkannya? Permintaan ini akan kami teruskan ke DKPP. Jika kami tidak juga mendapatkan informasi yang dibutuhkan atau tidak sesuai ataupun tidak diberikan dan dipersoalkan, DKPP sudah tahu.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>