Home / PEMILU / Ray Rangkuti Kesal Bawaslu Ganti ‘Kelamin’
Ray Rangkuti

Ray Rangkuti Kesal Bawaslu Ganti ‘Kelamin’

Jakarta. PEMILU.com – Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti mengaku kesal dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Pasalnya, peran Bawaslu mulai bergeser yang seharusnya melakukan pengawasan berubah menjadi lembaga ajudikasi.

“Bawaslu seperti ada tapi tidak ada. Dia ada secara instrumen, tapi seperti tidak ada di ruang publik,” ujar dia dalam diskusi Kamisan di Formappi yang bertajuk ‘Membahas Politik Aktual secara Kritis, Tajam, Konstruktif’ di Matraman, Jakarta, Kamis (4/7).

Dia menyayangkan tindakan Bawaslu itu. Padahal, dana sudah banyak mengalir ke Bawaslu, hampir Rp 1 triliun. Ironisnya, hampir semua dana digunakan tidak terkait pengawasan.

“Dananya untuk FGD (forum group discussion), seminar-seminar, pengawasan tidak ada, out put pengawasan juga tidak tahu,” kata dia.

Ray mengibaratkan Bawaslu seperti orang yang menunggu di tikungan. Dia tidak perduli siapa yang datang, tetapi ketika orang tersebut merasa kebingungan menentukan arah, baru melakukan tindakan. Padahal, seharusnya peran Bawaslu tidak demikian. Bawaslu harus didorong untuk melakukan mediasi. Meski demikian, selama ini Ray menilai hampir semua mediasi terkait sengketa pemilu diarahkan kepada ajudikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>