Pengamat: Pemira Bukti PKS Masih Solid

0
17

Jakarta, PEMILU.com – Pemilihan raya (Pemira) yang dilakukan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk menjaring calon presiden sebagai langkah yang baik. Menurut pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pemira sebagai bukti PKS masih solid.

“Melalui cara ini (Pemira, red) PKS ingin mengatakan pada publik, bahwa meskipun partainya sedang didera masalah yang sangat berat dan serius, di dalamnya tetap solid dan antarkader bahu membahu dan tidak saling menyerang,” ujar Siti kepada Pemilu.com, Jakarta, Kamis (5/12).

Idealnya, kata Siti, semua parpol melaksanakan konvensi untuk kebutuhan internalnya sendiri. Artinya, konvensi atau pemira dilakukan bukan karena alasan-alasan terpaksa.

“Apa yang dilakukan PKS bisa jadi positif untuk internal PKS, khususnya untuk mengembalikan kepercayaan diri para kader dan membangun soliditas partai,” sambung Siti.

Dengan menggelar pemira, lanjut dia, semua kader mulai dari kepengurusan paling bawah sampai atas diberi peran dan kepercayaan yang sama untuk memilih capres PKS. Hal inilah yang ingin dipromosikan PKS kepada publik.

Menurut Siti, apakah cara-cara tersebut akan mampu mendongkrak keterpurukan PKS, ini masalah lain. Tampaknya, kasus yang dihadapi beberapa kader PKS tidak membuat partai ini terpecah belah dalam faksi-faksi dan friksi.

Namun, kata Siti, masalah yang dihadapi PKS adalah kepercayaan publik terhadap PKS. Sebab, bagi publik dengan tersandungnya ketua umum PKS dalam kasus hukum telah menstigma partai ini dan inilah realitas yang berat bagi PKS yang harus berkompetisi dalam pileg 2014.

“Masalah mengembalikan public trust bukanlah hal yang mudah. Mungkin masalah hukum yang dihadapi Ketua Umum PKS dianggap tak masalah oleh internal PKS. Tapi, tidak demikian halnya bagi masyarakat umum,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here