PKS: Lembaga Survei Bukan Tuhan

0
21

Jakarta, PEMILU.com – Survey terbaru dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memprediksi perolehan suara parpol-parpol berbasis Islam sangat kecil. Bahkan, kemungkinan mampu meraih tiket presiden juga kecil. Menanggapi hal itu, Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan, hal itu tak perlu disampaikan lembaga survei. Apalagi meminta untuk berkoalisi.

“Lembaga survei jangan menakut-nakuti parpol Islam dengan menyatakan kemungkinan meraih tiket presiden kecil. Sebab lembaga survei itu bukan Tuhan, mereka hanya bisa mensurvei saja, bukan segalanya,” kata Hidayat, di Jakarta, Rabu (6/11).

Mantan Ketua MPR itu menghimbau, parpol berbasis Islam tak perlu risau  dengan hasil survei itu. Justru, hasil survei tersebut dapat dijadikan cambuk untuk memperbaiki diri dan meraih suara yang lebih banyak lagi.

Apalai, kata Hidayat, lembaga survei saat ini bisa dipesan. Mereka akan memberikan prosentase suara tertinggi bagi parpol yang membayarnya.

Oleh karenanya, terang Hidayat, hasil survei sering tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Bahkan, banyak hasil survei yang meleset, seperti survei pilkada di provinsi Jawa Tengah, di Jawa Timur, juga survei pemilihan gubernur DKI Jakarta dimana, Jokowi kala itu diprediksi bakal kalah lantaran hasil surveinya rendah, tapi justru sebaliknya dia jadi pemenangnya.

“Lembaga survei tidak perlu merasa menjadi lembaga yang paling tahu. Mereka tidak bisa menentukan segalanya,” kata Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here