Home / Profil / Rhoma Irama

Rhoma Irama

Rhoma Irama
Nama Lengkap : Rhoma Irama
Panggilan : Bang Haji
Agama : Islam
Tempat Lahir : Tasikmalaya
Tanggal Lahir : 11 Desember 1946
Hobby : Berdakwah
Pasangan : Marwah Ali
Anak : Debbie Veramasari, Fikri Zulfikar, Ridho Irama, Romy Syahrial
Partai Politik : Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
Rhoma Irama mengawali karirnya sebagai seorang pemusik dengan mendirikan band musik bernama Gayhand tahun 1963. Kemudian membentuk band sendiri bernama Soneta pada 13 Oktober 1973. Bersama grup Soneta yang dipimpinnya itulah, Rhoma tercatat pernah memperoleh 11 Golden Record dari kaset-kasetnya.
         

 

 

Dalam panggung politik, ia sempat menjadi maskot penting PPP, setelah terus dimusuhi oleh Pemerintah Orde baru karena menolak untuk bergabung dengan Golkar. Rhoma pernah terpilih sebagai anggota DPR mewakili utusan Golongan yakni mewakili seniman dan artis pada tahun 1993. Pada pemilu 2004 Rhoma Irama tampil pula di panggung kampanye PKS.

Rhoma sempat kuliah di Universitas 17 Agustus Jakarta, tetapi tidak selesai. Pada bulan Februari 2005, pria yang akrab dikenal dengan sebutan Bang Haji itu memperoleh gelar doktor honoris causa dari American University of Hawaii dalam bidang dangdut. Namun, gelar tersebut dipertanyakan banyak pihak karena universitas ini diketahui tidak mempunyai murid sama sekali di Amerika Serikat sendiri, dan hanya mengeluarkan gelar kepada warga non-AS di luar negeri. Selain itu, universitas ini tidak diakreditasikan oleh pemerintah negara bagian Hawaii.

Sebagai seorang selebriti dan politisi, pernyataan-pernyataan Raja Dangdut itu kerap menimbulkan kontroversi. Pada tahun 2003, Rhoma menjadi sorotan media karena mengkritik Inul Daratista, penyanyi dangdut yang sedang naik daun karena mengandalkan gaya tarinya yang dianggap mesum. Rhoma dengan mengatas-namakan organisasi PAMMI (Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia), menentang peredaran album Goyang Inul yang dirilis Blackboard pada akhir Mei 2003.

Pada tahun yang sama, Rhoma dalam sebuah penggerebekan, tertangkap basah sedang berduaan dengan Angel Lelga. Rhoma berdalih, ia hanya memberikan nasihat dan petuah agar menghindarkan Angel Lelga dari jurang kenistaan. Namun, Rhoma kemudian mengakui bahwa ia sebenarnya telah menikah dengan Angel Lelga.

Pada Januari 2006, Rhoma di hadapan anggota DPR kembali mengeluarkan pernyataan menentang aksi panggung Inul, dalam dengar pendapat pembahasan RUU Antipornografi antara DPR dan kalangan artis. Juli 2012, dalam sebuah ceramah, Rhoma Irama dikecam atas ceramahnya yang mengandung isu SARA, berkaitan dengan Pemilukada DKI Jakarta putaran ke-2. Namun, Panitia Pengawas Pemilu menyatakan ia tidak bersalah.

Pada akhir tahun 2012, publik dikejutkan dengan pernyataan bahwa Rhoma Irama siap maju sebagai calon presiden 2014. Gayung bersambut, Rhoma akhirnya menemukan mesin politik yang bisa ia kendarai yakni, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pendidikan

  • SD Kibono Manggarai Jakarta
  • SMP Negeri XV Jakarta
  • SMA PSKD Jakarta
  • SMA 17 Agustus Tebet Jakarta
  • Fakultas Sospol Universitas 17 Agustus

Karir & Organisasi

  • Forum Umat Islam (FUI)
  • Ketua PAMMI (Persatuan Artis Musik Melayu indonesia
  • Asosiasi Hak Cipta Musik Dangdut Indonesia

Social Media

Rhoma Irama Dukung Adhyaksa Dault di Pilkada DKI

Rhoma Irama Dukung Adhyaksa Dault di Pilkada DKI

Ketua Umum Partai Islam, Damai, dan Aman (Idaman) Rhoma Irama memberikan dukungan atas pencalonan Adhyaksa Dault dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017.

Read More »

Rhoma Persilahkan Fans Tarik Dukungan Dari PKB

Rhoma Persilahkan Fans Tarik Dukungan Dari PKB

Tim Pemenangan Rhoma Irama, Ramdansyah mengatakan terkait dukungan PKB kepada Jokowi, Rhoma sudah menyatakan keberatannya.

Read More »

Keluarga Rhoma Harap PKB Segera Putuskan Sikap Politiknya

Keluarga Rhoma Harap PKB Segera Putuskan Sikap Politiknya

Putri sulung Rhoma Irama, Debby Rhoma berharap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) segera memutuskan sikap politiknya terkait siapa tokoh yang akan diusung sebagai calon presiden 2014.

Read More »

Deby Rhoma Tepis Kabar Rhoma Irama Mundur Dari PKB

Deby Rhoma Tepis Kabar Rhoma Irama Mundur Dari PKB

Putri sulung Rhoma Irama, Debby Rhoma menepis kabar mundurnya satria bergitar itu dari ajang pencarian calon presiden Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Read More »

PKB Tawarkan Bakal Capresnya Ke Semua Parpol

PKB Tawarkan Bakal Capresnya Ke Semua Parpol

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau yang sering disebut Cak Imin menemui bakal calon presiden dari PKB, yakni Rhoma Irama.

Read More »

Bahas Pileg Cak Imin Temui Rhoma

Bahas Pileg Cak Imin Temui Rhoma

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau yang sering disebut Cak Imin menemui bakal calon presiden dari PKB, yakni Rhoma Irama.

Read More »

Cak Imin Ucap Terima Kasih Pada Rhoma Irama

Cak Imin Ucap Terima Kasih Pada Rhoma Irama

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau sering disapa Cak Imin mengaku puas atas hasil hitung cepat Pemilu 2014.

Read More »

Cak Imin: Rhoma Irama Bagian PKB Selamanya

Cak Imin: Rhoma Irama Bagian PKB Selamanya

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (Cak Imin) disebut-sebut berhasil memanfaatkan Rhoma Irama guna mendulang suara di Pemilu.

Read More »

9 responses to “Rhoma Irama”

  1. […] File Name : Rhoma irama – pemilu indonesia | pemilu 2014 | pemilihan Source : www.pemilu.com Download : Rhoma irama – pemilu indonesia | pemilu 2014 | pemilihan […]

  2. abahgalunggung says:

    Bismillaah, Segala puja dan puji hanya milik Allaah SWT semata Rabb-nya manusia, Raja-nya manusia, Sembahan-nya manusia, Penguasa alam jagat raya ini beserta seluruh ini dan Penguasa alam akhirat !!!
    Allaah SWT tempat bergantungnya seluruh makhluk dan Allaah SWT yang telah menjadikan kematian dan kehidupan untuk menguji siapa di antara kalian yang paling baik amal shalehnya !!!
    Setiap sesuatu pasti akan musnah kecuali hanya Dzat Allaah SWT Yang Maha Kekal !!!
    Setiap diri adalah pemimpin dan pasti akan ditanya oleh Allaah SWT tentang tanggung jawab kepemimpinannya !!!
    Diperebutkan ataupun tidak tanggung jawab kepemimpinan pasti akan menghampiri kita semua !!!
    Sehingga kita semua harus sadar betul jika memilih pemimpin harus yang bersedia tanggung jawab terhadap kesejahteraan lahir maupun bathin di dunia dan akhirat serta menyelamatkan bawahannya dari siksa adzab api neraka !!!

    Jadi bukan berasal dari mana para pemimpin itu datang !!!
    Sekarang ini Indonesia dipimpin oleh para pemimpin yang berasal dari turunan Jawa hasilnya adalah seperti ini melarat lahir dan bathin tersiksa di dunia apalagi di akhirat.

    Bagaimana jika yang memimpin adalah orang-orang keturunan China ???
    Tidak diberi kesempatan menjadi Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif serta ABRI menguasai NKRI ini apalagi jika diberi.

    Ingat dulu Singapura yang memimpin negerinya adalah suku Melayu sekarang ???

    Apakah jika kita lengah NKRI bakal seperti Singapura ???

    Ingat sekarang, tanah yang ada di tanah air kita mayoritas milik siapa ???

    Sekarang penduduk yang mendominasi tanah air kita jumlahnya sudah berapa orang ??? bangsa kita harus di KB kalau mereka ???
    Akibatnya jumlah penduduknya bertambah pesat.

    Sekarang posisi mereka tidak hanya di dunia perdagangan dan kedokteran serta pengacara saja akantetapi sudah menguasai seluruh posisi termasuk di Legislatif, Eksekutif, Yudikatif.

    Jika syarat wilayah, penduduk serta pemerintahan sudah dikuasai mereka maka satu langkah lagi bangsa Indonesia yang pribumi bakal seperti bangsa Melayu di Singapura tersisihkan, syarat tersebut adalah pengakuan dari negara yang lain dan itu sangat mudah sekali tingal melangkah ke Singapura.

    Maka Bangsa Indonesia pribumi tamat riwayatnya di gantikan oleh mereka, sudah siapkah ???

    Pertanyaannya adalah siapakah yang memiliki peluang besar untuk menjadi Presiden RI berikutnya ???

    Pribumi atau Non Pribumi ???

    Sadarlah wahai saudara-saudaraku dari Sabang sampai Merauke !!!

    Bersatu NKRI utuh, bercerai NKRI hancur luluh menjadi tak utuh seluruh pribumi jatuh, terbunuh,
    " Dan jika kalian mengikuti kebanyakan orang di muka bumi ini maka mereka akan menyesatkan kalian di jalan Allaah SWT, mereka hanya mengikuti prasangka mereka belaka dan mereka telah berdusta kepada Allaah SWT " ( Al Qur an surat Al An Am : 116 )

    Allaah SWT saja telah didustai oleh mereka apalagi anda !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *