Home / Profil / Sutiyoso

Sutiyoso

Sutiyoso
Nama Lengkap : Letjen TNI (Purn.) Dr.(H.C.) H.Sutiyoso
Panggilan : Bang Yos
Agama : Islam
Tempat Lahir : Semarang, Jawa Tengah
Tanggal Lahir : 6 Desember 1944
Zodiac : Sagitarius
Hobby : Membaca
Pasangan : Setyorini
Anak : Yessy Riana Dilliyanti, Renny Yosnita Ariyanti
Partai Politik : Partai PKPI
Sutiyoso atau yang akrab dikenal dengan sebutan Bang Yos adalah seorang politikus dan mantan tokoh militer Indonesia berbintang tiga. Setelah menamatkan, Sekolah Menengah Atas (SMA) di Semarang pada 1963, ia sempat duduk dibangku kuliah selama setahun di Jurusan Teknik Sipil Universitas 17 Agustus. Bang Yos kemudian masuk Akademi Militer Nasional (AMN) di Magelang, lulus pada 1968, ia berpindah-pindah tugas di kesatuan militer.
         

 

 

Tahun 1988-1992, Bang Yos mulai menapaki karir militernya dimulai dari Asisten Personil, Asisten Operasi, Wakil Komandan Jenderal Kopassus. Kemudian pada tahun 1994 ia menjabat Kepala Staf Kodam Jaya, dan diakhiri dengan menduduki jabatan Panglima Kodam Jaya. Bang Yos terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta selama dua periode.

Jabatan lain yang pernah dipegang oleh Sutiyoso ialah Ketua Ketua Umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) periode 2004-2008. Ia juga terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum ORARI (Organisasi Amatir Radio Indonesia ) untuk masa bakti 2006 – 2011.

Sutiyoso dikenal khalayak karena prestasinya, dialah yang mencetuskan ide awal  sistem angkutan massal dengan nama bus TransJakarta atau lebih populer disebut Busway sebagai bagian dari sebuah sistem transportasi baru kota. Setelah sukses dengan Koridor I, pengangkutan massal dikembangkan ke koridor-koridor berikutnya. Ia juga mencetuskan mengembangkan sistem transportasi kota modern juga segera melibatkan subway dan monorel. Kebijakan transportasi itulah salah satunya yang menjadi tantangan SUtiyoso memimpin Jakarta. Sebab, Busway pada awalnya mendapat penolakan dari masyarakat.

Berdasarkan hasil kongres III PKPI 13 April 2010 di Jakarta, Sutiyoso juga diberikan amanah untuk menjabat sebagai Ketua Umum. PKPI menjadi mesin politik Bang Yos untuk mencalonkan diri sebagai calon presiden pada pemilu 2014.

 

Penghargaan

1. 2006 Asian Air Quality Management Champion Award dari Clear Air Initiative for Asian Cities (CAI) bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia dan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta atas prestasinya untuk Gagasan pembangunan Bus Rapid Transit (BRT) terbesar di Asia melalui Busway Penerbitan Perda No.2 tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

2. Gelar pahlawan pengelolaan kualitas udara di Asia diberikan dengan pertimbangan berhasil dalam mengembangkan akuntan umum TransJakarta (busway) yang mengurangi emisi gas kendaraan bermotor di Jakarta.

Social Media

Bang Yos: Ahok Punya Waktu 3 Tahun Selesaikan Masalah Ibu Kota

Bang Yos: Ahok Punya Waktu 3 Tahun Selesaikan Masalah Ibu Kota

Gubernur DKI Jakarta memiliki waktu selama tiga memimpin DKI Jakarta.

Read More »

Bang Yos Heran Suaranya Sama Dengan Pemilu 2009

Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sutiyoso heran dengan perolehan suara partai yang dipimpinya tersebut sama dengan perolehan suara pada Pemilu 2009.

Read More »

PKPI Optimis Lolos Ambang Batas Parlemen

Sutiyoso PKPI

Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sutiyoso optimis partai yang dipimpinnya lolos ambang batas parlemen 3,5 persen.

Read More »

4 responses to “Sutiyoso”

  1. abahgalunggung says:

    Bismillaah, Segala puja dan puji hanya milik Allaah SWT semata Rabb-nya manusia, Raja-nya manusia, Sembahan-nya manusia, Penguasa alam jagat raya ini beserta seluruh ini dan Penguasa alam akhirat !!!
    Allaah SWT tempat bergantungnya seluruh makhluk dan Allaah SWT yang telah menjadikan kematian dan kehidupan untuk menguji siapa di antara kalian yang paling baik amal shalehnya !!!
    Setiap sesuatu pasti akan musnah kecuali hanya Dzat Allaah SWT Yang Maha Kekal !!!
    Setiap diri adalah pemimpin dan pasti akan ditanya oleh Allaah SWT tentang tanggung jawab kepemimpinannya !!!
    Diperebutkan ataupun tidak tanggung jawab kepemimpinan pasti akan menghampiri kita semua !!!
    Sehingga kita semua harus sadar betul jika memilih pemimpin harus yang bersedia tanggung jawab terhadap kesejahteraan lahir maupun bathin di dunia dan akhirat serta menyelamatkan bawahannya dari siksa adzab api neraka !!!

    Jadi bukan berasal dari mana para pemimpin itu datang !!!
    Sekarang ini Indonesia dipimpin oleh para pemimpin yang berasal dari turunan Jawa hasilnya adalah seperti ini melarat lahir dan bathin tersiksa di dunia apalagi di akhirat.

    Bagaimana jika yang memimpin adalah orang-orang keturunan China ???
    Tidak diberi kesempatan menjadi Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif serta ABRI menguasai NKRI ini apalagi jika diberi.

    Ingat dulu Singapura yang memimpin negerinya adalah suku Melayu sekarang ???

    Apakah jika kita lengah NKRI bakal seperti Singapura ???

    Ingat sekarang, tanah yang ada di tanah air kita mayoritas milik siapa ???

    Sekarang penduduk yang mendominasi tanah air kita jumlahnya sudah berapa orang ??? bangsa kita harus di KB kalau mereka ???
    Akibatnya jumlah penduduknya bertambah pesat.

    Sekarang posisi mereka tidak hanya di dunia perdagangan dan kedokteran serta pengacara saja akantetapi sudah menguasai seluruh posisi termasuk di Legislatif, Eksekutif, Yudikatif.

    Jika syarat wilayah, penduduk serta pemerintahan sudah dikuasai mereka maka satu langkah lagi bangsa Indonesia yang pribumi bakal seperti bangsa Melayu di Singapura tersisihkan, syarat tersebut adalah pengakuan dari negara yang lain dan itu sangat mudah sekali tingal melangkah ke Singapura.

    Maka Bangsa Indonesia pribumi tamat riwayatnya di gantikan oleh mereka, sudah siapkah ???

    Pertanyaannya adalah siapakah yang memiliki peluang besar untuk menjadi Presiden RI berikutnya ???

    Pribumi atau Non Pribumi ???

    Sadarlah wahai saudara-saudaraku dari Sabang sampai Merauke !!!

    Bersatu NKRI utuh, bercerai NKRI hancur luluh menjadi tak utuh seluruh pribumi jatuh, terbunuh,
    " Dan jika kalian mengikuti kebanyakan orang di muka bumi ini maka mereka akan menyesatkan kalian di jalan Allaah SWT, mereka hanya mengikuti prasangka mereka belaka dan mereka telah berdusta kepada Allaah SWT " ( Al Qur an surat Al An Am : 116 )

    Allaah SWT saja telah didustai oleh mereka apalagi anda !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *